Pemenang Gender Champion Bidang Ekonomi, Mastur Darori dan pemenang Gender Champion Bidang Politik, Niken Larasati saat foto bersama.(Foto:TM/ Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini 2024 yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) memberikan penghargaan kepada Gender Champion terpilih di bidang milenial, politik, hukum dan ekonomi, Kamis(25/04/ 2024).

Adapun Gender Champion terpilih yakni, bidang generasi milenial Lilik Gianto Alie yang merupakan wirausaha yang telah banyak memberikan motivasi kepada generasi milenial untuk berwirausaha mandiri , bidang politik Niken Larasati Anggota DPRD Kendal yang dinilai mampu menciptakan lingkungan yang mendukung dan inklusif bagi setiap perempuan yang terlibat dalam proses politik.

Bidang hukum yaitu Saroji seorang advokad yang rela mendedikasikan dirinya untuk memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat kurang mampu.
Serta bidang ekonomi yakni Mastur Darori yang mampu mengembangkan perekonomian dan memberikan banyak dampak positif pada lingkungannya.

Selain itu, panitia juga menyerahan donasi dan stimulus modal bagi penyitas kekerasan.

Kepala DP2KBP2PA Kendal, Albertus Hendry Setyawan mengatakan, Gender Champion menjadi salah satu media untuk menghargai individu yang mempunyai kemampuan memberi pendampingan terkait pelaksanaan pengarusutamaan gender dan sebagai fasilitator baik penggiat gender maupun individu yang peduli gender.

“Sehingga mereka mampu mendorong dan menginspirasi masyarakat pada umumnya untuk mampu beraksi yang setara,” kata Albertus Hendry Setyawan.

Hendry menyampaikan, melalui peringatan Hari Kartini 2024 selain untuk mengenang kembali jasa Kartini dalam usahanya memajukan derajat kaum wanita Indonesia melalui pendidikan, pihaknya juga berupaya mendorong kesetaraan gender dan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan.

“Harapannya kita dapat menghargai dan merayakan pencapaian perempuan Indonesia di berbagai bidang, dan menanamkan semangat Kartini dalam memajukan bangsa,” ujar Hendry.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono menyatakan Pemerintah Kabupaten Kendal akan selalu mendorong kaum perempuan yang berdaya, berkarakter, dan harus tangguh bagi lingkungan.

“Dengan cara kami memberikan kesempatan yang sama, InsyaAllah kesetaraan gender akan bisa setara. Karena dari sisi kompetensi di berbagai bidang itu tidak ada perbedaan,”katanya.

Pemenang Gender Champion Bidang Politik, Niken Larasati mengaku dengan kiprahnya menjadi Anggota DPRD Kendal dirinya dapat membantu memperjuangkan aspirasi masyarakat. Terlebih setelah melihat kondisi desa-desa di Kecamatan Sukorejo yang terpelosok yang kurang tersentuh oleh berbagai fasilitas seperti infrastruktur, kesehatan dan lain sebagainya.

“Misalnya ketika saya melihat jalan yang rusak, saya bisa bawa ke rapat forum di DPRD. Di sana saya sampaikan, sehingga jalan ini bisa segera diperbaiki. Jadi melalui bidang politik, saya membawa aspirasi terutama untuk kaum perempuan. Seperti safari KB yang bekerja sama dengan DP2KBP2PA dan Muslimat NU,”ungkapnya.

Mastur Darori pemenang Gender Champion Bidang Ekonomi mengatakan, pemilihan Gender Champion ini merupakan kegiatan yang bagus dan bisa memberikan motivasi kepada seluruh warga di Kabupaten Kendal terutama perempuan maupun generasi muda untuk berwirausaha.

Mastur berharap, ke depan banyak generasi muda untuk bergelut di bidang kewirausahaan, karena wirausaha itu mempunyai seni, dan jika ditekuni akan memberikan hasil dan manfaat yang luar biasa.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini