BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Hari kedua Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023 RRI Purwokerto diisi pembacaan ikrar pelajar Nusantara.

Ikrar Pelajar Nusantara digaungkan oleh seorang pelajar dari LPP RRI DKI Jakarta, kemudian diikuti oleh ribuan pelajar di seluruh satuan kerja (satker) RRI, termasuk Purwokerto.

Kegiatan lainnya dilaksanakan lomba inovasi masakan nusantara, dengan tema makanan olahan berbahan dasar umbi. Sebanyak 14 tim dari SMA/SMK se-Banyumas Raya, berlomba selama 120 menit untuk membuat makanan inovatif untuk memikat juri.

“Kami pelajar Indonesia, bangga menjadi bangsa Indonesia dan bersumpah untuk tetap setia sebagai putra dan putri Indonesia, yang bertumpah darah yang satu, tumpah darah Indonesia, sebagai putra dan putri Indonesia, yang berbangsa satu, bangsa Indonesia, sebagai putra dan putri Indonesia, yang berbahasa persatuan, bahasa Indonesia,” kata salah satu pelajar LPP RRI DKI Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Menurut salah satu juri lomba kreasi masakan Nusantara FPN 2023 Aris Wahyudi, umbi-umbian merupakan bahan yang jarang dilombakan, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta.

“Dengan bahan umbi-umbian ini akan sedikit menguras pikiran. Kalau peserta tidak kreatif, makanan yang dihasilkan itu-itu saja. Jadi ini memerlukan sedikit kerja keras untuk membuat satu olahan umbi-umbian menjadi produk yang baru,” kata Aris Wahyudi.

Terkait penilaian, ada beberapa aspek yang diperhatikan. Bukan Cuma rasa, tetapi presentasi dan kerja sama tim juga masuk kriteria penilaian.

“Unsur yang dinilai antara lain keanekaragaman bahan baku, kerja sama, presentasi, dan juga plating,” ujar Aris Wahyudi, yang juga juru masak Hotel Java Heritage

Selain kompetisi masak, FPN 2023 RRI Purwokerto hari ini juga diisi dengan pembacaan ikrar pelajar Nusantara secara online alias daring melalui aplikasi zoom.

Kepala LPP RRI Purwokerto Anom Andadari mengatakan, ikrar pelajar Nusantara ini dipekikkan untuk semakin menumbuhkan rasa cinta Tanah Air bagi para pelajar.

“Ikrar ini untuk meningkatkan semangat kebangsaan untuk mereka (pelajar), juga dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Tetapi utamanya adalah untuk menumbuhkan cinta Tanah Air,” kata Anom Andadari.

“Generasi muda sekarang adalah generasi yang nantinya pada 2045 menjadi generasi emas. Kita harapkan demikian,” imbuh Anom Andadari.

FPN 2023 RRI Purwokerto resmi dibuka pada Rabu (24/10/2023). Event yang megambil tema “Pelajar Indonesia Bersatu, Kreatif, dan Tangguh untuk Indonesia Maju” tersebut akan berlangsung sampai Sabtu (28/10/2023) atau bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Terdapat tujuh lomba yang dipertandingkan dalam FPN 2023. Selain memasak, juga ada lomba film pendek, vlog, monolog, e-sport Mobile Legend, tari kreasi, dan festival band.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini