Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat mengambil porang dari tanah dengan sebuah garpu.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID) – Bupati Kendal Dico M Ganinduto, menghadiri panen umbi Porang perdana di Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, bersama dengan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait Senin (14/6/2021).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengatakan, Kabupaten Kendal memiliki potensi yang cukup tinggi terlebih memiliki lahan yang cukup luas dan bisa menjadi daerah unggulan dalam hasil umbi porang.

“Umbi Porang ini jika sudah menjadi chip memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk itu kami akan mendukung dan berusaha mencarikan investor yang tepat termasuk pangsa pasar (market). Intinya jangan sampai petani menjual ke pihak ke tiga yang harganya terkadang bisa dimainkan,” kata Dico M Ganinduto.

Dico juga mengatakan, para petani jangan hanya bisa menghasilkan umbi porang saja, namun harus dapat melakukan pengolahan dari umbi porang menjadi chip yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Tingginya nilai chip porang mampu mencapai Rp 45 ribu hingga Rp 60 ribu untuk per kilio gramnya. Untuk pasar porang sendiri targetnya adalah ekspor di dua negara yaitu China dan Jepang.

“Target pasar luar negeri akan menjadi tujuan utama mengingat produk porang adalah produk baru. Kami juga akan memaksimalkan Mal Pelayanan Publik (MPP) terkait pengurusan ekspor, yang nantinya akan mempermudah warga Kendal untuk pengurusan administrasi dan kelengkapan ekspor.

Kepala Desa Sidomakmur Bambang S Hasbi, mengatakan, lahan yang saat ini ia kelola merupakan kerjasama dengan perhutani sebanyak 8 hektar.
“Kendala yang utama yang kami alamai adalah pengadaan bibit, sehingga kami minta dukungan kepada pemerintah daerah. Saat ini, pihak desa telah memiliki alat pemotong dan pengering untuk membuat umbi porang menjadi chip,”kata S Hasbi.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini