BOYOLALI(TERASMEDIA.ID)- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi pasien OTG Covid-19 di tempat isolasi mandiri terpusat Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Jawa Tengah, Rabu(09/06/2021) sore.

Sesaat setelah tiba di AHD sekitar pukul 15.00 WIB, Ganjar beserta rombongan langsung menuju ke gedung Mekkah untuk menyapa para pasien OTG Covid-19 dari Kabupaten Kudus ini.

Di hadapan ratusan pasien OTG, Ganjar mengajak berdialog jarak jauh, sekitar 20 meter.

Ganjar hanya menanyakan hal-hal ringan saja terkait perkembangan kesehatan para pasien hari ini, seperti pegal linu, kehilangan daya penciuman, sesak napas dan lain-lain.

“Para pasien OTG ini mengaku rata-rata masih bisa beraktifitas normal,” kata Ganjar.

Saat beralih ke tanya jawab menu makanan, apakah cocok atau tidak setiap harinya, ada salah seorang pasien ber inisial T, bertanya,

”Nasinya banyak lauk dagingnya pak, tapi sayurannya kurang,” tanya T.

”Mau sayur apa, mau lauk apa?” tanya Ganjar, yang berjanji akan menambah porsi sayurannya.

Setelah berdialog di selasar gedung Mekkah selama kurang lebih 15 menit, Ganjar beralih ke gedung Medinah yang bersebelahan.

Di gedung ini, sebagian besar pasien OTG yang dirawat dari Solo Raya.

Di sinipun berlangsung dialog yang seru namun ringan.

Ganjar berharap, dengan isolasi terpusat seperti ini pengendaliannya bisa lebih mudah.

”Isolasi di asrama haji ini lebih terkendali daripada di rumah. Di sini semua terjamin, baik tempatnya,makanannya,sisi medisnya dan lain-lain,” tegas Ganjar.

Selain itu, apabila ada yang perlu penanganan lebih lanjut, harus dibawa ke rumah sakit karena koordinasinya lebih cepat.

Ganjar berharap setiap kabupaten atau kotamadya mempunyai fasilitas tempat isolasi mandiri yang terpusat, pengendaliannya juga lebih mudah.

Komandan Korem 074 Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Deddy Suryadi menambahkan, per Rabu sore ini jumlah pasien OTG dari Solo Raya yang sudah sehat dan diperbolehkan pulang ada sekitar 62 orang, yang dirujuk ke rumah sakit ada 12 orang.

Jadi totall data yang ada, 129 OTG dari Solo Raya dan 252 dari Kudus.

Kamis besok pagi, rencana akan ada tes PCR ulang di AHD. (NN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini