SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)- Seorang relawan penyuluh anti narkoba melakukan aksi tunggal di bundaran jalan raya patung Pendawa Grogol, Solobaru, Sukoharjo, Sabtu(26/06/2021) sore.

Aksi ini dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional(Hani) yang jatuh pada setiap tanggal 26 Juni.

Relawan yang sekaligus Koordinator Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kabupaten Sukoharjo, Agus Widanarko tersebut melakukan aksi diam selama 30 menit dengan berkostum superhero Batman.

Aksi diam seorang diri tersebut dilakukan sebagai ungkapan rasa prihatinnya, bahwa di tengah pandemi ini, justru pengguna narkoba semakin meningkat.

Dengan memegang banner bertuliskan ”Ayo Jadilah Hero untuk Sekitarmu, Cegah Negara Cegah Corona” dan tulisan satunya lagi berbunyi ” Ayo Ajak Rehab Sebelum Terlambat”.

Property aksi lain yang dibawa adalah papan koper penyuluhan berisi nama-nama jenis narkoba dalam bentuk tiruan atau palsu.

“Aksi ini sebagai bentuk rasa prihatin saya dengan meningkatnya pengguna narkoba disaat pandemi. Hal ini bisa diketahui berdasarkan banyaknya orang-orang yang konsultasi di sekretariat Tim P4GN Sukoharjo,”papar Danar.

Danar mengatakan, sebelum wabah Covid-19 melanda, Tim P4GN rata -rata setiap tahun menerima orang konsultasi tentang penyalahgunaan narkoba sekitar 4-5 orang. Sekarang, selama pandemi 2020-2021, sudah ada 12 orang yang datang berkonsultasi untuk rehabilitasi.

Karena ini tren Covid-19 sedang melonjak menjadi zona merah di wilayah Sukoharjo, maka ia memutuskan untuk aksi tunggal sebagai bentuk jaga jarak.

”Aksi ini sekaligus mengajak kepada semua masyarakat agar menjauhi narkoba sekaligus tetap jaga prokes karena pandemi masih ada,” pungkas Danar. (HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini