Bupati Demak dr. Hj. Eisti'anah saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan.(Foto:TM/ VID)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah meresmikan 14 bangunan fisik untuk sekolah dasar (SD) dan SMP yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023. Peresmian dilangsungkan di SDN 2 Tlogopandogan, Kecamatan Gajah, Senin(26/11/2023).

Turut mendampingi peresmian ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Disdikbud) Kabupaten Demak, Haris Wahyudi Ridwan, Kabid Pembinaan SD dan SMP Disdikbud Kabupaten Demak, Nadhif Alawi dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait.

Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah mengucapkan bersyukur atas selesainya pembangunan dan revitalisasi 10 gedung SD dan 4 SMP di Kabupaten Demak yang berasal dari DAK tahun anggaran 2023 dengan kondisi baik.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kita semua sekaligus sebagai langkah nyata dalam memajukan sektor pendidikan di Kabupaten Demak,” kata Bupati Demak.

Menurut Bupati Demak, gedung-gedung tersebut bukan hanya sebagai struktur fisik, tetapi juga sebagai simbol komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak penerus masa depan bangsa.

Oleh karena itu, Bupati Demak mengajak pihak terkait untuk menjadikan gedung tersebut sebagai tempat belajar dan kegiatan positif yang tentu bisa memberikan inspirasi.

“Jadikan ruang-ruang belajar yang baru ini menjadi tempat di mana pengetahuan dan kebijaksanaan tumbuh bersama,” ujar Bupati Demak.

Bupati yakin, dengan fasilitas yang memadai, pintu menuju masa depan yang lebih cerah, memberikan dorongan positif terhadap prestasi akademis dan perkembangan karakter generasi penerus bangsa terbuka lebar.

Kepala Disdikbud Demak, Haris Wahyudi Ridwan mengatakan, anggaran yang dipergunakan untu revitalisasi SD dan SMP adalah DAK fisik bidang pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Demak tahun anggaran 2023.

Adapun besaran anggaran tersebut Rp 11,375 miliar, yang terbagi dalam DAK SD sebesar Rp 7,980 miliar dan DAK SMP sebesar Rp 3,394 miliar.

Untuk sekolah penerima bantuan DAK meliputi, SDN Sidoharjo 2 dan SDN Temuroso 1 Kecamatan Guntur, SDN Ngemplak Kecamatan Mranggen, SDN Kedunguter Kecamatan Karangtengah, SDN Kerangkulon 2 Kecamatan Wonosalam, SDN Bulusari dan SDN Sayung 3 Kecamatan Sayung, SDN Tlogopandogan 2 Kecamatan Gajah, SDN Rejosari 1 Kecamatan Karangawen, dan SDN Sedo 3 Kecamatan Demak.

“Sedangkan empat SMP penerima bantuan DAK yakni SMPN 2 Karangtengah, SMPN 3 Demak, SMPN 1 Karangawen, dan SMP Fathul Huda Sayung,” kata Haris Wahyudi Ridwan.

Menurut Haris, di SDN 2 Tlogopandogan, bantuan DAK dipergunakan untuk rehab ruang kelas, membangun gedung laborat dan gedung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Dengan bantuan sarana prasarana tersebut, Haris berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Demak.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini