KLATEN(TERASMEDIA.ID)– Sebanyak kurang lebih 300 paket daging kurban dibagikan Ta’mir Masjid Agung Al Aqsha Klaten Rabu (21/07/2021).

Mengacu tahun lalu, masing-masing paket seberat 1 kilogram terdiri dari daging setengah kilogram ditambah dengan balungan (tulang) serta jerohan. Demikian disampaikan Ketua Ta’mir Masjid Agung Al Aqsha H. Mustari disela-sela kegiatan penyembelihan hewan kurban.

“Jumlah paket kondisional. Namun mengacu tahun lalu minimal daging yang bagus setengah kilo, kemudian ditambah balungan dan jerohan. Ya mungkin kisaran satu kilo lebih sedikit. Kalau kita sekarang belum mengetahui, tapi biasanya yang masuk disini itu kisaran ada hampir tiga ratusan termasuk yang dari lembaga,” jelas Mustari.

Menurut Mustari, tahun ini panitia kurban Masjid Agung Al Aqsha menyembelih sebanyak lima ekor sapi, tiga sapi diantaranya merupakan kurban dari Pemkab, dua lainnya masing-masing dari ta’mir masjid satu ekor dan Kapolres satu ekor, serta hewan kurban berupa kambing sejumlah enam ekor.

Untuk distribusi daging kurban, Mustari menyampaikan, akan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid, tenaga kebersihan dan keamanan masjid, serta lembaga yang mengajukan permohonan, baik pendidikan maupun panti asuhan.

Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani saat menyerahkan tiga ekor sapi kurban dari Pemkab kepada Ta’mir Masjid Agung Al Aqsha memohon, di masa PPKM Darurat ini agar ta’mir masjid dan panitia kurban senantiasa memperhatikan protokol kesehatan terutama dalam hal pemakaian masker, untuk menghindari munculnya klaster penyembelihan hewan kurban.

Sekaligus dalam pendistribusian daging kurban untuk dikondisikan melalui daftar penerima agar tidak terjadi kerumunan warga di seputar Masjid Al Aqsha.

“Saya memohon kepada Ketua Ta’mir Masjid Al Aqsha dan Ketua Panitia Penyembelihan Hewan kurban Masjid Al Aqsha, untuk memperhatikan protokol kesehatannya. Masker harus tetap dipakai. Karena kategori OTG itu bener-bener tanpa gejala. Jangan sampai nanti menimbulkan klaster penyembelihan hewan kurban. Semuanya harus memakai masker. Kemudian, panitia, biasanya kalau kurban seperti ini banyak sekali warga yang akan berkerumun meminta daging, mohon segera dikondisikan dengan baik jangan sampai menimbulkan kerumunan,” pungkas Bupati.(HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini