Para santri Ponpes Kholifatullah Singo Ludiro sedang menyembelih sapi di halaman setempat.(FOTO:TM/HN)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)– Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha,Ponpes Kholifatullah Singo Ludiro yang berada di Dukuh Mojo, Desa Laban, Kecamatan Mojolaban,Sukoharjo, menyembelih satu ekor sapi dari keluarga Jokowi.

Sapi tersebut disembelih para santri di halaman Ponpes pada Selasa (20/7/2021)pagi.

Selain sapi,Ponpes ini juga menyembelih 23 ekor kambing.Penyembelihan dilakukan bertahap, sampai Kamis 23 Juli 2021.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,penyembelihan hewan qurban melibatkan warga sekitar, namun sekarang semua diurusi para santri, baik dari penyembelihan,pendistribusian daging dan sampai memasak.

”Hari ini kami menyembelih sapi qurban dari keluarga Jokowi.Semua yang mengurusi santri,tidak ada orang dari luar. Dengan maksud dan sekaligus pembelajaran para santri agar mandiri sejak dini,” jelas pimpinan Ponpes ini, Nyai Lilis Fatimah

Menurut Nyai Lilis, daging qurban selain untuk para santri,juga didistribusikan untuk warga sekitar Ponpes. Di masa pandemi ini,yang masih bertahan tinggal di Ponpes hanya 50 persen saja dari 230 santri dan santriwati jenjang SMP – SMA.

”Sesuai anjuran Satgas Covid-19, para santri separohnya kami pulangkan,” tambah Nyai Lilis.

Perlu diketahui,Ponpes ini sekarang pucuk pimpinannya adalah Nyai Lilis Fatimah istri (almarhum) Kyai Agung Syuhada yang sudah wafat tahun 2017 lalu.

Ketokohan Kyai Agung Syuhada almarhum tidak diragukan lagi,hingga menarik perhatian Ibunda Jokowi yang sering mengikuti kajian.

Jalinan kekeluargaan ini juga membuat Presiden Jokowi mendekat. Sejak menjadi Presiden tahun 2014,tiap tahun hewan qurban sapi selalu dikirim untuk Ponpes ini.

”Atas nama pribadi Jokowi sudah kirim dua kali,tahun lalu atas nama Mas Gibran,dan sebelumnya atas nama keluarga Jokowi yaitu atas nama Widjiatno Notomihardjo (almarhum,bapaknya Jokowi), Sudjiatmi (Ibunda Jokowi – almarhumah),Joko Widodo, dan saudara Jokowi yaitu Iit Sriyantini, Idayati, Titik Ritawati dan alm Joko Lukito.

Peran serta alm Ibunda Jokowi beserta keluarganya,diakui Nyai Lilis sangat besar terhadap kemajuan Ponpes yang berdiri sejak tahun 1998 ini.

Tahun 2017 Ibunda Jokowi membantu membangun gedung tiga lantai yang diberi nama Gedung Sudjiatmi Notomihardjo. Serta bantuan-bantuan lain terus mengalir.(HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini