Bupati Kendal Dico M Ganinduto sedang memegang plastik berisi benih ikan untuk ditebarkan ke embung.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Bupati Kendal Dico M Ganinduto, bersama Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal serta Pemerintah Desa Rowobranten menebar bibit ikan di Embung Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Rabu (29/09/2021).

Penebaran bibit ikan ini, juga diikuti oleh Forkopimcam, Kepala Desa di Kecamatan Ringinarum, dan para Pok Darwis Kecamatan Ringinarum, serta masyarakat Desa Rowobranten dan sekitarnya.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Drh Hudi Sambodo mengatakan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal melakukan penebaran ikan di perairan umum pada tanggal 29-30 September2021 dengan benih jenis ikan nila, dan ikan tawes sebanyak 117.000 ekor.

Menurut Drh Hudi Sambodo, penebaran ikan merupakan salah satu upaya penambahan stock ikan di perairan umum atau perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

“Tujuan penebaran ikan ini adalah untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan,” papar Drh Hudi Sambodo.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ketahanan pangan bagi masyarakat Kabupaten Kendal, maka masyarakat harus menjaganya dengan baik, agar bisa bermanfaat.

“Ke depan kita juga akan terus meningkatkan penebaran ikan, khususnya di embung-embung yang ada di Kabupaten Kendal. Selain itu, kita dorong makin banyaknya lagi embung yang ada di Kabupaten Kendal karena manfaatnya banyak sekali, terutama dalam pengendalian banjir, dan memastikan sumber daya air di Kabupaten Kendal dapat dimanfaatkan dengan baik,”papar Dico.

Dico berpesan, sosialisasi harus terus dilakukan agar penebaran bibit ini dipastikan aman, jangan sampai ada orang yang melakukan penangkapan ikan dengan cara meracuni maupun dengan mengunakan stroom, agar ikan bisa tumbuh dengan baik dan terjaga kelestariannya.

Adapaun lokasi menjadi tempat kegiatan penaburan benih ikan pada tanggal 29 September 2021 yaitu di embung Desa Rowo Branten ikan tawes sebanyak 10.000 ekor dan ikan nila 2.000 ekor.

Sedangkan di embung Desa Margorejo, ikan tawes sebanyak 10.000 ekor dan ikan nila sebanyak 3.000 ekor, Sungai Desa Trayu Limbangan ikan tawes 20.000 ekor, dan Sungai Desa Sriwulan Limbangan ikan tawes sebanyak 20.000 ekor.

Sedangkan untuk tanggal 30 September, di embung Krida Tani Desa Kertomulyo ikan tawes sebanyak 8.000 ekor dan ikan nila sebanyak 2.000 ekor.

Di embung Desa Kumpulrejo ikan tawes sebanyak 8.000 ekor, Sungai Desa Wonorejo ikan tawes sebanyak 5.000 ekor dan ikan nila 5.000 ekor. Di Sungai Blorong Brangsong ikan tawes sebanyak 10.000 ekor dan ikan nila sebanyak 4.000 ekor,serta di Kali Kendal Sungai Sibeo Sendang Dawung ikan tawes sebanyak 10.000 ekor.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini