Bupati Kendal Dico M Ganinduto mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga(Menpora) RI, Dr. H. Zainudin Amali saat sedang melihat hasil UMKM yang di jajakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Menteri Pemuda dan Olahraga(Menpora) RI, Dr. H. Zainudin Amali silaturahmi dengan Forkopimda, stakeholder olahraga dan pemberian alat olahraga secara simbolis kepada Bupati Kendal Dico M Ganinduto, di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Senin(25/10/2021) siang.

Dalam sambutannya, Menpora mengatakan, Kabupaten Kendal olahraganya sangat bagus terutama olahraga pariwisata(Soprt Tourism).

Selain itu, lanjut Menpora, Kabupaten Kendal kondisinya juga sangat bagus, karena bupati bisa mengkombinasikan antara kehidupan yang berbeda yaitu kota industri dengan kota santri.

“Jika ini bisa berkembang terus, saya yakin Kabupaten Kendal akan maju dan bisa memberikan contoh bagi kabupaten- kabupaten lainnya yang ada di Jawa Tengah bahkan di Indonesia,”kata Menpora Zaenudin Amali, yang hadir bersama Plt Asisten Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga Firtian Judiswandarta ini.

Menpora meminta, kepada Bupati Kendal harus bisa fokus dan konsentrasi di dalam mengelola wisata olahraga(Sport Tourism) agar hasilnya bisa maksimal.

“Di sejumlah negara, bahwa devisa itu masuk dari sport tourism. Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain mempunyai potensi olahraga yang serba ada. Tinggal bagaimana bupati dan masyarakat Kendal ini, merencanakan dan memfokuskan mana yang akan dikendorkan atau mana yang mengendor, jangan semua dikerjakan. Kalau semua dikerjakan, pasti tidak akan maksimal hasilnya.Di sini sedikit, di sana sedikit, pasti tidak akan bagus,”papar Menpora.

Menpora mengaku, kalau bupati dan masyarakat Kendal bisa mengkonsentrasikan pada hal- hal yang menjadi unggulan dan fokus, pasti akan bagus dan maksimal hasilnya.

Menurut Menpora, di beberapa negara, tiket, akomodasi, berolahraga, berwisata sudah dikemas dalam satu paket dan dijual menjadi satu paket wisata. Makanya Kabupaten Kendal harus bisa mengemas dan mendesain seperti itu, sehingga orang tahu, keinginannya seperti apa.

“Tentu, semua harus bisa memberikan kenyamanan. Karena misal, olahraganya bagus, tempatnya bagus, tapi kenyamananya tidak bagus, pasti orang tidak akan datang lagi. Justru orang itu akan bercerita tentang yang tidak- tidak bahkan bisa buruknya saja,”papar Menpora.

Dikatakan, pembinaan atlet olahragapun juga begitu. Bagian bidang olahraga juga harus bisa konsentrasi di nomor- nomor yang bisa memperoleh medali. Karena, dari pada membina sekian banyak cabang olahraga, pasti tidak tertangani, anggarnyapun juga banyak.

Tata kelola kelembagaan pun juga penting, seperti tata kelola organisasi. Jangan sampai, pemerintah daerah memfasilitasi, kemudian para sektor olahraga tidak bisa membuat fasilitas- fasilitas yang diberikan itu menjadi baik.

Bahkan terkadang, ada penyelewengan- penyelewengan anggaran, maka tata kelola ini penting, karena jika tata kelolanya baik pasti prestasinya akan baik dan naik.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pihaknya meyakini bahwa obyek pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal yang dikolaborasikan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, merupakan salah satu yang akan ia fokuskan dalam program kerja kedepan.

“Dan kami juga memiliki kawasan ekonomi khusus(KEK), tentunya ini juga akan kami fokuskan untuk bisa membukakan lapangan pekerjaan seluas luasnya bagi masyarakat Kendal,”kata Dico.

Dico menyatakan, pihaknya akan meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas, religius, berbudaya, sehat rohani dan rohani serta mempunyai daya tarik menghadapi revolusi industri 4.0.

“Kami mempunyai empat pilar pertumbuhan ekonomi Kendal, yang pertama, Industri, UMKM, Pariwiswata dan yang keempat generasi 4.0. Dan kami meyakini bisa mewujudkan empat pilar ini dan ini akan terkolaborasi dengan dinas terkait, dan kami juga akan fokus dalam mengembangkan sport tourism,”papar Dico.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini