Ratusan santri dan santriwati sedang ikuti vaksinasi di Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Grogol, Sukoharjo.(FOTO:TM/HN)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)-Ratusan santri dan santriwati di Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Grogol, Sukoharjo, menerima vaksin dari jajaran TNI Korem 074 Warastratama dan Kodim 0726 Sukoharjo, Sabtu(02/10/2021).

Hal ini dilakukan agar para siswa dan guru merasa tenang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Vaksinasi berjalan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para siswa divaksin per kelas. Apabila kelas satu sudah selesai, dilanjutkan kelas berikutnya, sampai selesai. Dengan begitu antrian tidak panjang dan efektif.

Setelah siswa divaksin dan harus menunggu selama 30 menit, dan mereka kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti pembelajaran.

Pimpinan Ponpes Ustadz Yahya Abdul Rahman, mengatakan, jumlah santri-santriwati sebanyak 1500 siswa. Sebagian sudah menerima vaksin dari Presisi Polres Sukoharjo.

”Dulu sebagian siswa sudah divaksin tapi harus datang ke Polres Sukoharjo. Untuk vaksin yang di dalam Ponpes baru hari ini. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri,” kata Ustadz Yahya.

Menurut Ustadz Yahya, kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di Ponpes ini sudah berlangsung sejak tahun ajaran baru 2021 dimulai yaitu awal bulan Juli 2021 silam.

”Kami sudah mulai pembelajaran tatap muka sejak tahun ajaran dimulai. Sampai saat ini belum ada siswa atau guru di sini yang terpapar positip Covid-19,” ujar Ustadz Yahya.

Pihak Ponpes bekerjasama dengan Satgas PP Covid Kecamatan Grogol untuk terus memantau kesehatan penghuni Ponpes. Bila ada yang bergejala ringan, pihak Ponpes sudah ada tempat isolasi khusus, sehingga tidak menyebar.

Kepala Puskesmas Grogol, dr. Siti Nurjanah, yang memantau perkembangan kesehatan penghuni Ponpes menjelaskan, karena semua santri-santriwati dan para pengajar berada di dalam Ponpes sudah termasuk diisolasi.

Bila ada keluarga santri yang menengok atau tamu lain, ada sekat-sekat fiber sebagai pencegah.

”Pihak pondok sudah mengantisipasi dengan cara membuat sekat-sekat, sehingga sampai saat ini semua yang bergejala ringan bisa teratasi dengan baik,” kata dr Siti.

Komandan Korem 074 Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin mengapresiasi pelaksanaan serbuan vaksinasi TNI ini.

“Kunjungan kami ke ponpes ini selain mengadakan vaksinasi juga untuk bersilaturahmi. Ini kunjungan pertama saya sejak menjabat Danrem yang sudah berjalan kurang lebih selama tiga minggu,” kata Danrem Rudy.

Usai memantau jalannya vaksin yang diampingi Komandan Kodim 0726 Sukoharjober, Letkol (Inf) Agus Dharmawan, pihaknya juga bersilaturahmi dengan sesepuh dan pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki, Ustadz Abu Bakar Baasyir (ABB). Para tamu diterima langsung di kediaman Ustadz ABB dalam waktu yang tidak begitu lama.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol (Inf) Agus Adhy Darmawan menambahkan, serbuan vaksin dengan sasaran santri-santriwati di Ponpes ini, bertujuan untuk meningkatkan imun siswa dan guru agar dalam kegiatan belajar berjalan dengan baik dan lebih terproteksi.

“Meski sudah divaksin, kami menghimbau agar semua pihak tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan agar herd imunity segera tercapai,” pungkas Dandim.(HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini