JEPARA(TERASMEDIA.ID)-Dua orang yang dilaporkan keracunan gas di dalam sumur di Desa Bucu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia

Kedua orang tersebut adalah Marju (68)warga Bleber RT 03/01 Desa Bucu dan Pujiono(41) warga Desa Pendem RT 02/02 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, kronologi kejadian berawal pada Rabu (03/11/2021), sekitar pukul 08.00 WIB Pujiono dan Marju turun kedalam sumur untuk menguras air.

Setelah pukul 11.30 WIB korban naik untuk beristirahat, sekitar pukul 13.00 WIB Pujiono dan Marju turun lagi untuk meneruskan pekerjaannya.

Pada pukul 16.30 WIB Jasono, saksi melihat sepeda motor dan sandal kedua korban masih di pinggiran sumur dan tidak terlihat ada orang saksi kemudian mengecek ke dalam sumur melihat dua korban masih berada di dalam sumur tersebut.

“Sumur tersebut milik masjid. Dugaan kuat Marju dan Pujiono menghirup gas beracun saat membersihkan air sumur dan tidak bisa menyelamatkan diri,” kata Jasono.

Menurut Jasono, kedalaman sumur sekitar 20 meter dan diameter satu meter. Evakuasi tim SAR gabungan dengan metode lowering satu rescue turun dengan tali menggunakan alat bantu pernafasan Self Contained Breathing Apparatus ( SCBA) untuk mengikat tubuh korban kemudian ditarik dengan sistem lifting.

Pada pukul 20.30 WIB tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Pujiono dalam keadaan meninggal dunia.

Selanjutnya tim berjibaku untuk mengevakuasi Marju dan sekitar pukul 21.00 WIB berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia.

“Setelah evakuasi selesai kedua korban dibawa ke rumah duka. Dengan selesainya evakuasi kedua korban, operasi SAR ditutup dan tim yang terlibat kembali kesatuannya masing- masing,” ujar Jasono.(Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini