Sejumlah juri sedang menilai ternak yang dilombakan.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, menggelar lomba pemilihan ternak sapi betina produktif dan kambing pejantan Etawa, di Pasar Hewan Sukorejo, Rabu(17/11/2021).

Jumlah peserta lomba yang terpilih mengikuti lomba ini sebanyak 40 ekor sapi dan 40 ekor kambing yang berasal dari Kecamatan Sukorejo, Patean, Plantungan, Pageruyung, Singorojo, Boja, Kaliwungu, Pegandon, Patebon, Ringinarum, Rowosari dan Kecamatan Weleri.

Dalam pelaksanaan lomba ini, pihak panitia menghadirkan dewan juri dari Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Diponegoro Semarang, dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.

Pelaksana tugas(Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal Pandu Rapriat Rogojati mengatakan, lomba pemilihan ternak ini, yang dinilai adalah bobot, produktivitas dan reproduktif ternak.

“Untuk juara I sapi betina produktif dimenangkan oleh sapi milik Muhamadun dari Kecamatan Singorojo dan Juara I pejantan pemilik Muhammad Nurudin dari Kecamatan Pegandon,” kata Pandu.

Menurut Pandu, dengan digelarnya lomba ternak sapi produktif semoga bisa memotivasi para peternak sapi maupun kambing yang ada di Kabupaten Kendal, agar bisa bertahan dan mengembangkan ternaknya.

“Dengan lomba ini, kami harap para peternak sapi maupun kambing yang ada di Kabupaten Kendal dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor peternakan dan pertanian,”harapnya.

Sementara itu, Muhamadun, juara I sapi betina mengatakan, dirinya tak menyangka akan menang dalam lomba ini.

Karena selain yang mengikuti lomba banyak, juga karena dirinya mengikuti lomba ini hanya modal nekat saja. Cuma, dirinya mengetahui jika sapi miliknya beratnya 562 kg lebih berat dari sejumlah peserta yang lain.

“Alhamdulillah pak, saya bisa mendapat juara satu dalam lomba sapi betina ini. Semoga bisa berkah,”ucapnya.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini