BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Talud dengan panjang 15 meter tinggi empat meter, berupa kebun kurma milik Maeruroh (50 th) warga RT 04 RW 03 Dukuh Grumbul Trenggulun Desa Jatisaba Kecamatan Cilongok, Jum’at(19/11/2021) longsor.

Penyebab longsornya talud ini, akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Desa Jatisaba sejak pukul 14.30 WIB dan karena resapan air (pori) untuk pembuangan air di talud kurang, sehingga air tidak dapat mengalir menembus pondasi.

“Ketika turun hujan lebat, air tidak dapat mengalir dengan lancar, sehingga pada sampai titik jenuh tanah, maka mengalami longsor,” kata Koordinator Tagana Banyumas, Ady Candra.

Ady Candra mengatakan, tim Tagana Banyumas bersama dengan unsur relawan gabungan diantarnya Polsek Cilongok, Koramil Cilongok, Pramuka peduli Kwarcab Banyumas, PMI Kab. Banyumas, Linmas inti Kab. Banyumas, Banser dan warga sekitar yang dipandegani oleh BPBD Kab. Banyumas bahu membahu membuka material longsoran agar akses jalan kabupaten penghubung Kecamatan Cilongok menuju Kecamatan Purwojati dapat dilalui dengan lancar.

Meskipun malam hari, relawan tetap berusaha membuka akses jalan tersebut, mengingat apabila tidak di buka maka jalan akan menjadi licin, sehingga membahayakan pengguna jalan.

Beruntung, pada saat kejadian, tidak menimbulkan korban jiwa, karena pada saat talud longsor itu, kebetulan tidak ada pengendara yang lewat.

“Kerugian nateriil masih dalam perhitungan petugas,” ujar Ady Candra.

Hingga malam ini, penanganan talud masih terus dilanjutkan oleh relawan gabungan, sampai dengan material longsor dapat disingkirkan.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini