Suasana sebelum acara pelatihan simulasi penanggulangan bencana kebakaran di kantor Sekretariat Rapi lokal 08 Cilongok dimulai.(FOTO:TM/H-03)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Srikandi Rapi lokal 08 Cilongok Kabupaten Banyumas mengadakan pelatihan simulasi penanggulangan bencana kebakaran di kantor Sekretariat Rapi lokal 08 Cilongok, Senin(03/01/2022).

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono , Forkopincam Kecamatan Cilongok, PMI kab Banyumas, Damkar Banyumas, dan Tagana Banyumas.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang juga menjabat sebagai ketua PMI memberikan bantuan kursi roda dari PMI Kabupaten Banyumas untuk seorang penderes yaitu Slamet(45) yang lumpuh akibat terjatuh dari pohon kelapa.

Wakil Bupati dalam sambutanya sangat mendukung peran Rapi lokal 08 Cilongok yang telah dapat mengakomodir lintas organisasi relawan yang ada di Kecamatan Cilongok.

“Kegiatan Srikandi Rapi 08 Cilongok sangatlah mendukung peran relawan dalam kegiatan dapur umum di Kabupaten Banyumas yang rasanya baru ada di Kecamatan Cilongok. Dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) selalu menjadi yang terdepan pada saat kebencanaan,”kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo.

Ketua Rapi Wilayah 08 Banyumas, Suherman JZ11DTP, mengatakan, ulang tahun pertama Srikandi Rapi lokal 08 Cilongok ini sangatlah lain dari yang lain karena selain lomba membuat tumpeng dengan biaya minimalis hanya dengan uang sebesar Rp 50 ribu rupiah dapat menghasilkan karya tumpeng yang sangat bagus.

Suherman mengaku sangat bangga dengan perkembangan Rapi lokal 08 Cilongok yang utamanya adalah tim Reaksi Cepat Gabungan yang memiliki 13 organisasi relawan se kecamatan Cilongok.

“Yang sangat spektakuler adalah, dalam acara ulang tahun juga diselenggarakan simulasi penanganan kebakaran serta pertolongan pada korban saat kebakaran,”katanya.

Ketua rapi lokal 08 Cilongok, Eko Supriyanto JZ11VOR, yang juga selaku koordinator tim Reaksi Cepat Gabungan Kecamatan Cilongok, mengucapkan terimakasih kepada para relawan yang telah bergabung dalam wadah koordinasi tim Reaksi Cepat Gabungan Kecamatan Cilongok ini.

Menurut Eko Supriyanto, tim Reaksi Cepat Gabungan ini, terdiri dari Rapi lokal 08 Cilongok, relawan Kecamatan Cilongok, Tagana, MDMC,MTA, Pemuda Pancasila, Banser,Kokam , Cilongok Undercover, Pecinta Alam, Karangtaruna, Bagana,FPRB, FKKC,dan Pramuli.

“Simulasi penanganan kebakaran dan pertolongan pertama pada korban dapat terselenggara dengan baik. Ini berkat dukungan dari Forkopincam Cilongok, PMI, Damkar, Puskesmas Cilongok, mitra kerja dan Pers,”katanya.

Pembina Forum Relawan Lintas Organisasi(FORTASI) Banyumas Eddy Wahono, mengaku terkesan dengan kekompakan tim Reaksi Cepat Gabungan ini dalam melaksanakan pelatihan simulasi.

Eddy berharap, kesiap siagaan tim ini dapat mengurangi resiko korban bencana karena Cilongok juga merupakan daerah yang sering tertimpa bencana utamanya tanah longsor.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini