KLATEN(TERASMEDIA.ID) – Masyarakat pecinta kuliner di Klaten, Jawa Tengah, sudah tidak asing lagi dengan Rumah Makan HaWe, yang menyediakan menu spesial sego wiwit.

Kini HaWe Grup mengembangkan sayapnya dengan membuka usaha kuliner Bakmi HW (hanya beda penulisannya saja dari HaWe).

Warung Bakmi HW ini sudah dilaunching pada 19 Maret 2022 yang lalu. Dengan menempati rumah Hadi Waluya (owner HaWe Grup) di Dukuh Gedongan Kidul (namun orang lebih mengenalnya Gesrikan), Desa Wonosari, Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

Tempatnya bersih, nyaman, cocok untuk makan bersama keluarga besar atau kecil, bisa untuk pertemuan skala sedang, serta berada di pinggir sawah.

Jadi udaranya sangat bersih, tidak bising oleh suara lalulintas karena berada di perkampungan.

Menu yang tersedia yaitu bakmi godong dan goreng, capcay kuah dan goreng, kwetiau kuah dan goreng, bihun godog atau goreng, nasi goreng, nasi ayam sambel lalap dan sop pecok.

“Harganya di sini cukup terjangkau, mulai Rp15.000 sampai Rp25.000 per porsi. Topingnya di sini ayam kampung,” jelas Amy HW, pengelola warung.

Sedang untuk minumnya cukup variatif, pengunjung bisa memilih teh panas atau es, jeruk panas atau es, lemon tea panas atau es, beras kencur panas atau es, kunir asem panas atau es, kopi item, kopi gula aren, capuccino, susu jahe, wedang jahe, wedang jahe serai, dan wedang uwuh.

Selain itu, juga ada aneka jus, seperti jus alpokat, jus sirsak, jus mangga, jus jambu, jus wortel, dan jus tomat.

Sambil menunggu menunya siap, pengunjung bisa menikmati camilan seperti kentang goreng, otak-otak, tempe mendoan, dan tahu goreng.

Menurut penjelasan Ami HW, usaha kuliner ini pertama kali dirintis oleh bapaknya yaitu Hadi Waluya (75 ), yang terkenal sebagai petani tembakau sukses.

Pertama kali usaha yang dirintis yaitu Waroeng HaWe dengan menu spesial sego wiwit yang berada di Jalan Ronggowarsito, Dukuh Setran Baru, Wonosari, Trucuk. Jaraknya sekitar setengah kilometer dari warung bakmi ini.

Di Waroeng HaWe ini, ada menu spesial sego wiwit ayam kampung diasap, digoreng, ayam kampung penyet, nasi ayam trancam, bebek goreng, iga gongso, sop iga, nasi wiwit suwir, dan soto sapi pisah.

Selain membuka di Setran Baru, Waroeng HaWe Sego Wiwit juga membuka cabang di Jalan Prenjak, Mojorejo, Bareng Lor, Klaten Utara sampingnya RS Mitra Medika.

Amy menjelaskan, bakmi ini usaha kuliner yang ke 5 yang dikelola keluarga Hadi Waluya, selain Waroeng HaWe Sego Wiwit ayam kampung, Rica Menthok Pak Goplo di Srebegan, Pawon Sibu (di Dayan, Mireng, Trucuk), dan Lesehan 50 di Yogyakarta.

“Kami ingin meramaikan perkulineran di Desa Wonosari khususnya, agar lebih dikenal luas lagi oleh para pecinta kuliner tanah air. Di sini kulinernya masih sepi,” jelas Amy.

Meskipun bapaknya sebagai petani tembakau, namun bakatnya di dunia perkulineran sangat bagus. Terbukti, semua usaha kulinernya maju semua, tidak ada yang gulung tikar di tengah jalan.

“Bapak saya pertama kali membuka usaha kuliner pada tahun 2004 yaitu cikal bakalnya Waroeng HaWe Sego Wiwit. Tapi kami belum membuka usaha yang berbau kopi-kopian yang selaras dengan petani tembakau,” papar Amy.

Menurut Amy, ke depan, HW Grup akan mengembangkan usaha kuliner soto dan membuat gazebo-gazebo di tengah sawah.

Salah seorang penikmat bakmi HW, Sofi, begitu dilaunching dirinya mengaku penasaran dengan rasanya. Ia memesan menu bakmi kuah ayam pecok. Begitu tersaji, ternyata porsinya jumbo dengan rasa yang sangat nendang di lidah.

Perpaduan bumbu dan kuahnya sangat pas. Ada tambahan irisan cabe dan acar mentimun, semakin menambah lidah bergoyang.

“Rasanya nendang banget, pas dengan selera lidah saya yang orang kampung ini. Ternyata menikmati mie enak dengan toping ayam kampung itu ya di kampung seperti ini. Ditambah suasananya tenang, dekat persawahan, udaranya bersih, cocok banget mengajak keluarga dan teman-teman,” kata Sofi.

Pengunjung lainnya, Dwi asal Klaten kota mengakui kalau kwiteu goreng yang ia nikmati, rasanya sangat pas.

“Cocok dinikmati kapan saja, baik siang maupun malam,”ujar Dwi.

Untuk menikmati aneka menu bakmi ini, warung mulai buka pukul 9.00 sampai 20.00 dengan harga terjangkau. (HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini