KENDAL(TERASMEDIA.ID)- Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, meresmikan unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ngasinan, yang berlokasi di jalan raya depan Rumah Sakit Islam Desa Ngasinan, Kecamatan Weleri, Senin(21/03/2022).

Turut hadir dalam acara peresmian ini, Camat Weleri, Marwoto, Forkopimcam Weleri, sejumlah Kepala Desa yang ada di Kecamatan Weleri, Direktur RSI, dr. Suhadi, Ketua dan Anggota BPD, LPMD, KPMD, pengurus Bumdes, TP PKK Desa, RT dan RW, serta para tokoh masyarakat Desa Ngasinan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Dico didampingi Camat Weleri, Kepala Desa Ngasinan dan Dirut Bumdes Ngasinan.

Unit usaha yang diresmikan oleh Bupati Dico, yakni berupa Resto Queen Steak Berkah Lestari, usaha yang bergerak di bidang kuliner.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengapresasi kepada pihak Desa Ngasinan, karena apa yang dilakukan seperti peresmian ini sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal.

“Setiap desa harus memiliki BUMDes, karena melalui BUMDes bisa menciptakan lapangan kerja, yang otomatis bisa memberdayakan masyarakat desanya masing-masing,”kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Dico berharap, semoga Resto Queen Steak Berlah Lestari ini, bisa terus berkembang, sehingga apa yang tadi diharapkan oleh Kepala Desa Ngasinanan, yaitu meningkatkan PAD desa dapat terwujud.

Dico juga berharap, kepada Pemdes yang belum maksimal dalam melakukan pengelolaan BUMDesnya, agar kedepan bisa memaksimalkannya, dengan membuka usaha – usaha yang strategis, sehingga selain dapat menciptakan lapangan pekerjaan, juga BUMDesnya bisa lebih maju.

“Saya mendoakan BUMDes Berkah Lestari ini, bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kendal, dan ini menjadi percontohan bagi desa-desa yang lain,” ujar Dico.

Menurut Dico, apabila ada desa yang belum memiliki BUMDes, bisa segera untuk membentuk unit Bumdes, sehingga dapat memberdayakan masyarakat dan juga bisa meningkatkan PAD desanya masing-masing.

Kepala Desa Ngasinan, Moh Kuzaini menyampaikan, maksud didirikan Bumdes adalah untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Selain itu, lanjut Moh Kuzaini, ada beberapa tujuan yang ingin ia capai dengan dibukanya Resto Queen Steak ini, yaitu untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa, dan mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan dengan pihak ketiga.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini