Pelaku diapit oleh dua anggota Polsek Weleri.(FOTO:TM/ Dul)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Satreskrim Polsek Weleri berhasil menangkap Deka Putra warga Jakarta, pelaku spesialis pencuri handphone yang biasa beroperasi di sejumlah rumah sakit, Jum’at (01/07/2022) siang.

Pelaku ini dibekuk polisi usai melakukan aksinya di Rumah Sakit Islam Weleri(RSI) Kendal.

Dalam aksinya, modus yang dilakukan pelaku dengan menyamar sebagai pengunjung atau keluarga pasien, sehingga dengan bebas bisa mengambil HP milik pasien maupun keluarga pasien.

“Anggota Satreskrim Polsek Weleri sudah menangkap pelaku pencurian tersebut. Pelaku ditangkap usai mencuri HP di RSI Weleri,” kata Kapolsek Weleri, AKP Ruslan.

AKP Ruslan mengaku, pelaku ini memang seorang spesialis pencurian di rumah sakit, karena sasarannya HP milik pasien atau keluarga pasien rumah sakit.

“Pelaku menyamar sebagai pengunjung atau keluarga pasien sehingga dia bisa leluasa dalam aksinya,” ujarnya.

Penangkapan terhadap pelaku ini, lanjut AKP Ruslan, berawal ketika sejumlah keluarga maupun pasien RSI Weleri sering kehilangan handphone, maka dari laporan tersebut, kemudian pihak polisi menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

Berdasarkan rekaman CCTV, Satreskrim Polsek Weleri bisa mengungkap identitas pelaku dan berhasil menangkap di tempat persembunyiannya.

“Dari rekaman CCTV yang ada di RSI, kami bisa mengungkap identitas pelaku dan menangkap pelaku di tempat persembunyiannya,” ucapnya.

Dari hasil penangkapan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit HP dan satu unit sepeda motor yang digunakan pelaku.

Untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya, pelaku bakal dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal lima tahun hukuman penjara.

Dihadapan polisi, pelaku mengatakan, cara yang ia lakukan saat beraksi, dengan berpura-pura menjadi keluarga pasien rumah sakit. Kemudian pelaku mencari keluarga pasien yang terlelap tidurnya atau menaruh HP secara sembarangan.

“Kalau pas mau curi, saya pura-pura jadi pengunjung atau keluarga pasien. Saya cari lengahnya mereka yang lagi tidur dan naruh HP sembarangan,” kata pelaku, Deka Putra.

Deka Putra mengaku, nekad mencuri karena terhimpit kebutuhan ekonomi dan sudah beberapa kali mencuri HP di beberapa rumah sakit, salah satunya di RSI Weleri.

“Saya sudah beberapa kali curi HP diantaranya di RSI Weleri dan RSUD Suwondo Kendal,”terangnya.( Dul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini