Dandim 0725/ Sragen, Camat Masaran, Kapolsek, Tokoh Masyarakat Desa Dawungan dan pemilik lahan foto bersama.(FOTO:TM/ SL)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)- Kodim 0725/ Sragen memanen padi jenis Inpari 32 di lahan seluas 5000 meter milik Supriyono warga dukuh Bendungan Desa Dawungan Masaran yang disewa sejak tiga bulan lalu.

Keunggulan jenis padi ini hasil panennya lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya dan juga tahan penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB).

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P., mengatakan bahwa program ketahanan pangan berupa penanaman padi oleh Kodim telah dilakukan tiga bulan yang lalu di lahan Demontration Plot(Demplot).

Demplot itu sendiri adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan maksud agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan oleh Kodim 0725/ Sragen.

“Salah satu tugas TNI Angkatan Darat(AD) adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang bertujuan untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan Binter dengan metode pembinaan ketahanan wilayah,” kata Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda.

Menurut Dandim, program ketahanan pangan ini dilakukan untuk mewujudkan kekuatan pertahanan aspek darat, baik yang menyangkut wilayah pertahanan maupun kekuatan pendukung, guna menangkal setiap ancaman dan gangguan yang membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta menyiapkan potensi sumber daya alam dan buatan khususnya ketahanan pangan wilayah.

“Pada tahun ini Kodim 0725/Sragen tidak hanya melaksanakan pembuatan Demplot saja, tetapi juga ada pembuatan KRPL hidroponik yang kami buat di Kodim Sragen. Untuk mewujudkan semua itu, tentunya Kodim tidak bisa berjalan sendiri dan harus bersinergi dengan instansi atau pun kelompok terkait baik dari dinas pertanian maupun kelompok tani yang ada di wilayah,” papar Dandim 0725/ Sragen.

Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan Demplot ketahanan pangan Kodim 0725/ Sragen ini.

Pelaksanaan panen, diakhiri dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Dandim 0725/ Sragen , Camat Masaran, Kapolsek, Tokoh Masyarakat Desa Dawungan dan pemilik lahan. (SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini