Anak- anak panti foto bersama dengan sejumlah pengurus dan panitia.(FOTO:TM/H-03)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Forum Panti Asuhan(FPA) Banyumas menyelenggarakan acara Jambore Anak Panti Asuhan (JAPA) ke- 2 di Gubug Delimor Baturaden, selama dua hari pada akhir bulan Juni 2022 lalu.

Ketua Panitia JAPA ke-2, Ma’mun Santoso, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 20 panti asuhan dengan jumlah peserta sebanyak 200 anak panti asuhan yang ada di Kabupaten Banyumas.

“JAPA ke- 2 ini juga diikuti oleh panti asuhan Bina Insani dari Kabupaten Jepara, sebagai peserta undangan khusus,” kata Ma’mun Santoso.

Sebelum JAPA ke- 2 digelar, panitia mengadakan kegiatan lomba-lomba antar anak panti meliputi lomba catur, lomba pidato, lomba nemasak nasi goreng yang dan lomba bola voli.

Acara ini diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan temu akrab anak panti asuhan.

Laksmi Salsabila selaku penangungjawab kegiatan ini, mengatakan bahwa temu akrab diisi dengan perkenalan antar peserta dan lomba- lomba yang merangsang anak untuk aktif dan kreatif serta belajar memimpin dan bekerjasama.

Kegiatan dimalam hari yang seharusnya diisi dengan pentas seni yang menampilkan berbagai kesenian, gerak dan lagu akhirnya ditunda dan dilaksanakan keesokkan harinya karena adanya hujan semalaman yang mengguyur wilayah Baturaden.

“Di hari kedua, panitia melaksanakan shalat tahajud dan shalat subuh bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi. Kemudian setelah sarapan pagi, acara dilanjutkan dengan outbond dan pentas seni,”ujar Laksmi Salsabila.

Sementara itu, Ketua Forum Panti Asuhan Kabupaten Banyumas, Iman Waskito, nengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian agenda kerja Forum Panti Asuhan Kabupaten Banyumas tahun 2022, yang diawali dengan kegiatan halal bihalal antar pengurus dan pimpinan panti asuhan se- Jawa Tengah yang diselenggarakan di Purwokerto pada 26 Mei 2022 silam dengan dihadiri oleh Bupati Banyumas.

Iman yang juga Ketua Panitia Halal bi Halal se Jawa Tengah, juga mengatakan acara tersebut dihadiri lebih dari 200 pimpinan dan pengurus panti se- Jawa Tengah.

“Forum Panti Asuhan Banyumas, juga akan mengadakan study banding, kalau tidak ke Jawa Barat mungkin ke Jawa Timur,” kata Iman.

Sebagai penutup tahun 2022, agenda selanjutnya adalah forum daerah dimana Banyumas akan mengadakan rapat kerja untuk memilih ketua baru untuk periode selanjutnya.

Kegiatan JAPA ke- 2 ini, ditutup oleh Utusan dari Forum Panti Asuhan Jawa Tengah yang diwakili oleh Sekum II, yakni Dirman Sudirman.

Dirman mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat positif bagi anak- anak panti, maka dari itu, pihaknya meminta pihak panitia untuk bisa meningkatkan kegiatan ini dengan berbagai lomba dan bisa diadakan minimal dua tahun sekali.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini