Bupati Sragen Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, sedang memukul gong tanda dibukanya TMMD Sengkuyung tahap III.(FOTO:TM/ Soes Adnan)

SRAGEN(TERASMEDIA. ID)-Kodim 0725/Sragen kembali menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap III di tahun 2022 di lapangan Desa Bagor Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Selasa(11/10/2022).

TMMD Sengkuyung tahap III ini, dibuka oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Adapun sasaran pokok dalam TMMD ini adalah cor blok jalan sepanjang 570 M Lebar 3 M dan tebal 12 CM yang menghubungkan Kecamatan Miri dan Kecamatan Sumberlawang. Untuk sasaran tambahan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 14 unit, Pembuatan jamban sehat sebanyak 15 unit.

Sedangkan sasaran non fisik diantaranya wawasan kebangsaan, kesehatan covid-19, KB kes, stunting dan Penyakit Tidak Menular (PTM), Binkamtibmas dan bahaya narkoba, peternakan dan perikanan, pertanian dan perkebunan serta bintal/rohani.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0725/ Sragen beserta seluruh anggota karena selalu bersama-sama melaksanakan TMMD Sengkuyung setiap tahun sebanyak tiga kali, dan satu kali Karya Bakti TNI Manunggal Guyub Rukun.

Menurut Bupati Sragen, TMMD merupakan perwujudan kemanunggalan TNI dan rakyat berserta seluruh unsur dan komponennya, karena dengan manunggal bersama rakyat, TNI menjadi kuat seperti tema HUT TNI ke-77 yang baru saja di peringati, yaitu ‘TNI adalah kita”.

Manunggalnya TNI saat ini, adalah berjuang bersama rakyat untuk memerangi kemiskinan, memberantas kebodohan lewat karya bakti TMMD yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

“Hal ini selaras dengan program pemerintah Kabupaten Sragen membangun bumi Sukowati dengan gotong royong. Dengan bergotong royong, guyup rukun, kita mampu menjawab berbagai tantangan yang ada. Dan juga dengan cara gotong royong, kita bisa menyelesaikan berbagai permasalahan serta bisa mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sragen,”kata Bupati Sragen Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Bupati Sragen juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kegiatan TMMD Sengkuyung III Tahun 2022, antara lain UPT-PK, PDAM, PMI, Baznas, Bank Jateng, Bank BRI, Bank Woori Saudara, BPR BKK Karangmalang, BPR Djoko Tingkir, BPRS Sukowati dan Perusda Kab. Sragen lainnya.

Sementara itu, Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, mengatakan, TMMD merupakan program TNI untuk membantu Pemerintah Daerah guna mempercepat akselerasi di daerah terpencil agar setara dengan desa lainnya serta memelihara dan meningkatkan gotong royong serta kemanunggalan TNI -Rakyat.
Dandim 0725/ juga mengatakan,TMMD selama ini telah terbukti membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik maupun sasaran non fisik.

Selain itu, juga untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh terutama untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Sragen.

“TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari terhitung mulai pembukaan hari ini hingga 30 hari kedepan dan rencana akan ditutup pada tanggal 09 Nopember 2022. Dan saya berharap pekerjaan selesai tepat pada waktunya,” harap Dandim 0725/ Sragen.

Usai acara upacara pembukaan TMMD ini, dilanjutkan pemberian bantuan rehab RTLH dan jamban kepada perwakilan warga penerima, kemudian Forkompinda melaksanakan penanaman jagung secara simbolis. (Soes Adnan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini