BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)– Sebanyak 1.380 anggota Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Banyumas mengikuti kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Madya dan Wira ke XXVIII PMI Kabupaten Banyumas Tahun 2022.

Peserta berasal dari PMR Madya (setingkat SLTP) sebanyak 700 siswa dan dari PMR Wira (setingkat SLTA) sebanyak 680 siswa.

Para peserta didampingi pembina kontingen sebanyak 69 pembina dan 69 pimpinan kontingen.

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan Jumbara merupakan satu bentuk kegiatan pembinaan yang merupakan ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam suasana gembira, bersahabat dan pastisipatif.

Dalam Jumbara PMR PMI Kabupeten Banyumas ke XXVIII kali ini, seluruh komponen baik pengurus, staf, pembina PMR, fasilitator PMR dan PMR tingkat Madya dan Wira dilibatkan secara aktif dalam mata rangkaian kegiatan yang satu sama lain akan saling mengisi dan memberikan gambaran secara komprehensif proses pembinaan PMR sesuai Siklus Manajemen PMR.

Jumbara ke XXVIII dengan tema “Sehat, Ceria dan Bersama Mewujudkan Relawan Sebagai Insan Yang Bermartabat dan Beretika di Masyarakat”, berlangsung selama empat hari Senin – Kamis tanggal 19-22 Desember 2022 bertempat di Volunteer Edu Park PMI Kabupaten Banyumas yang ada di Desa Banteran, Kecamatan Sumbang.

Sadewo mengatakan tujuan umum kegiatan ini adalah meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai Pendidik Sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup. Sedangkan tujuan khusus antara lain mengarahkan peserta untuk mampu mengaplikasikan tujuh prinsip dasar gerakan internasional palang merah dan Bulan Sabit Merah dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk kegiatan dalam Jumpa antara lain workshop tentang thalasemia, jurnalistik, bela negara, remaja tangguh, lingkungan hidup, napza dan sebagainya.

Sedangkan kegiatan bakti berupa penanaman pohon, bakti masyarakat dan donor darah.

“Untuk kegiatan gembira diisi game persahabatan, olah raga kompetisi, dan kegiatan prestasi berupa lomba game kepalangmerahan, teknologi tepat guna, traveling kepalangmerahan dan sebagainya,” kata Sadewa..

Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada PMI Kabupaten Banyumas yang dapat melakukan pembinaan relawan muda /PMR melalui kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR XXVIII Tahun 2022.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini sebagai satu bentuk
kegiatan pembinaan yang merupakan ajang pertemuan
anggota PMR untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan
pengetahuan,sikap dan ketrampilan dalam suasana gembira,
bersahabat dan partisipatif sesuai siklus manajemen PMR,”paparnya.

Jumbara dengan berbagai lomba menghasilkan juara umum untuk PMR Madya, juara umum 1 SMPN 2 Purwokerto, juara umum 2 SMPN 1 Banyumas dan juara umum 3 MTs Maarif NU2 Cilongok. Sebagai juara favorit untuk PMR Madya adalah SMPN 2 Sumbang.

Sedangkan untuk juara umum PMR Wira, juara umum 1 diraih SMKN 1 Banyumas, juara umum 2 SMAN 1 Banyumas dan juara umum 3 diraih SMAN 1 Sokaraja. Untuk juara favorit PMR Sira diraih SMK Bina Teknologi Purwokerto.

Jumbara XXVIII yang berlangsung empat hari ditutup Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono pada Kamis (22/12/2022).

Pada penutupan diserahkan mobil ambulance yang merupakan salah satu bentuk CSR dari BRI Cabang Purwokerto.

Mobil ambulance diserahkan oleh M Bayu Puncakusuma selaku Regional Consumer Banking BRI Regional Yogyakarta kepada Ketua PMI Banyumas Sadewo Trilastiono.

Menurut Bayu, BRI Regional Yogyakarta sudah memberkan bantuan berupa CSR kepada warga masyarakat Banyumas dari Januari 2022 hingga saaat ini senilai Rp 4,3 miliar. Bentuk bantuan CSR bermacam-macam sesuai kebutuhan masyarakat. (BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini