KLATEN(TERASMEDIA.ID)– Polres Klaten menggelar pelatihan Sispamkota di Lapangan KSDC Polres Klaten , Senin (25/09/2023).

Pelatihan tersebut dipantau langsung oleh Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, Kapolres Klaten AKBP Warsono, Dandim 0723/ Klaten, CZi Bambang Setyo, Ketua KPU Klaten , perwakilan Bawaslu Klaten, serta dihadiri oleh PJU Polres Klaten.

Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan tahapan Pemilu Tahun 2024.

Seluruh tahapan penggunaan kekuatan Polri dimaksudkan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadi selama Pemilu 2024.

“Dengan adanya pelatihan sispamkota ini diharapakan nanti masyarakat bisa aman, nyaman, tanpa tekanan dalam memberikan suaranya dalam pelaksanaan pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan pemilihan DPD, DPR RI, DPRD Propinsi, maupun DPRD Kabupaten/ Kota,”ujar Wakil Bupati.

Simulasi diawali dengan proses pemungutan suara di salah satu TPS. Seluruh tahapan berjalan lancar hingga ada protes dari warga yang tak puas dengan hasil penghitungan.

Kemudian dilakukan upaya persuasif untuk menjaga situasi tetap tenang, dan warga yang menyuarakan protes dipandu melalui prosedur yang berlaku.

Namun, muncul provokator, mengakibatkan kerusuhan di lokasi simulasi kantor KPU.

Dengan cepat, para personel dengan sigap mengatasi demonstran yang bertindak anarkis dan mengembalikan keadaan menjadi aman dan kondusif.

Dalam simulasi tersebut diterjunkan sebanyak 360 personel gabungan. Adapun beberapa komponen yang dilibatkan meliputi TNI-Polri, anggota Dinas Bapermades Klaten, dan Personel Pam Swakarsa Klaten.

Ditambahkan oleh Kapolres Klaten bahwa pihaknya sudah memetakan kerawanan di masing-masing TPS. Nantinya pola pengamanan akan menyesuaikan kerawanan yang ada.

“Polres Klaten sudah melakukan maping terkait masalah pola pengamanan TPS. Dari 4198 TPS itu kategorinya kurang rawan. Ada tiga kategori, kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. Nah ini kita sampai saat ini kita masih mengkategorikan kurang rawan namun ini masih perkembangan dinamis,” jelas Kapolres.

Sementara itu, Komandan Kodim 0723/ Klaten menyatakan siap membackup kepolisian dalam pengamanan pemilu serentak 2024.

Pihaknya akan bersinergi dengan Polres Klaten untuk memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif.

“Kalau TNI, tentunya kita tetap terus bersinergi dengan kepolisian. Kita akan terus mengawal untuk menjaga situasi di wilayah Klaten ini untuk tetap kondusif dan Kamtibmas tetap terjaga,” kata Dandim 0723/ Klaten.

Ketua KPU Klaten, Kartikasari, merespon positip adanya pelatihan Sispamkota untuk Pemilu 2024. Pihaknya berharap, semoga Pemilu mendatang berjalan sukses, aman, lancar dan tanpa hambatan. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini