Suasana di lokasi rumah Wartopo.(FOTO:TM/ SL)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)-Bencana tanah longsor terjadi di Dukuh Gosek RT 17, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, Kamis (05/01/2023).

Longsoran tanah itu menimpa rumah milik Wartopo(38), warga setempat. Akibatnya bangunan dapur rusak berat, lantai rumah retak, dan bangunan utama miring.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Untuk menghindari hal- hal yang tak diinginkan, satu keluarga yang terdiri atas empat orang terpaksa mengungsi ke rumah saudara.

Danramil13/Sukodono Kapten Inf Rusdi, mengungkapkan tanah longsor itu terjadi pada Kamis 5 Januari 2023 pukul 03.00 WIB, saat terjadi hujan lebat.

“Tanah longsor menimpa bangunan dapur rumah. Tanah yang longsor itu merupakan tanah uruk baru yang terkena hujan deras, sehingga kondisi tanah belum padat betul karena tanpa pondasi penahan dan kebetulan lokasinya di dekat saluran air,” ungkap Danramil13/Sukodono, Kapten Inf Rusdi.

Dia mengatakan, akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian materiil diperkirakan sekitar Rp10 juta.

“Kami mendapatkan informasi dari WhatsApp dan langsung menindaklanjuti dengan datang ke lokasi. Kamis pagi, kami juga kerja bakti untuk mengevakuasi material longsoran tanah. Rumah utama dibongkar, karena sudah miring guna mengantisipasi longsor susulan,” jelasnya.

Dia juga mengimbau kepada warga di wilayah sekitar untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrim yang terjadi akhir akhir ini, dan berharap jika terjadi bencana, warga segera untuk melaporkan secara berjenjang guna dilakukan tindakan selanjutnya.(SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini