KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Kodim 0715/Kendal mengikuti kegiatan puncak penanaman mangrove nasional secara serentak jajaran TNI seluruh Indonesia melalui jaringan virtual di lokasi Pantai Wisata Ngebum Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Senin (15/05/23).

Turut hadir dalam penanaman mangrove di Pantai Wisata Ngebum, Desa Mororejo ini, Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Pollii, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam, Kajari Kendal, Ketua DPRD Kendal, Kepala BAZNAS Kendal, anggota TNI Polri di wilayah Kendal, perwakilan siswa sekolah menengah di Kaliwungu, dan masyarakat sekitar lokasi Pantai Ngebum.

Penanaman mangrove yang mengambil tema “Mangrove For Better Life” ini, dipimpin secara virtual oleh Presiden Joko Widodo di lokasi penanaman Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Dalam pengarahannya, presiden menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang sudah bersama- sama secara serentak melaksanakan kegiatan penanaman mangrove tersebut.

“Penting sekali kita merehabilitasi hutan mangrove. Negara kita adalah negara dengan hutan mangrove terbesar di dunia, yakni 3,3 juta hektar, sehingga dengan rehabilitasi ini akan menjaga kelestarian hutan mangrove,”katanya.

Sementara, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, mengatakan bahwa penanaman secara serentak di jajaran TNI seluruh Indonesia ini merupakan program nasional dalam rangka merehabilitasi lingkungan, guna mencegah terjadinya abrasi air laut.

“Penanaman dimulai sejak bulan Maret 2023 lalu. Sebanyak 6000 batang bibit sudah ditanam, tersebar di pantai Rowosari, Cepiring, Kendal, dan Patebon. Puncaknya hari ini kita tanam 2000 bibit di Kaliwungu, jadi total 8000 batang bibit sudah ditanam oleh Kodim 0715/Kendal,”papar Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Dandim 0715/Kendal menambahkan bahwa puncak penanaman mangrove nasional Kodim 0715/Kendal tersebut diikuti oleh semua komponen baik dari TNI, Polri, Pemda, siswa- siswi dan masyarakat Kabupaten Kendal.

“Kepada masyarakat Kendal agar menjaga bibit mangrove yang sudah ditanam, sehingga masyarakat sekitar lokasi penanaman akan merasakan manfaatnya jika tumbuh besar kelak,”pesan Dandim 0715/ Kendal.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini