Suasana sosialisasi empat pilar di balai Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.(FOTO:TM/Priyo)

SEMARANG(TERASMEDIA.ID)-Anggota Komisi V DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan Jawa Tengah I, Mochamad Herviano Widyatama, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di balai Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang, Selasa (02/05/2023).

Mochamad Herviano Widyatama yang akrab dipanggil mas Vino ini mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI adalah untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan.

Vino menegaskan, pilar-pilar kebangsaan yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) sebagai bentuk satu kesatuan negara utuh, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Sebab dengan empat pilar itu, kesatuan dan persatuan bangsa bisa terjaga.

“Pengamalan nilai-nilai empat pilar berbangsa dan bernegara sangat penting demi menjaga rasa persatuan sesama masyarakat Indonesia,” kata Vino.

Vino menjelaskan, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dilandasi jatidiri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Gotong royong harus terus ditingkatkan. Sebab dengan gotong- royong kita bisa membangun bangsa ini. Dengan gotong– royong kita bisa melawan gangguan dari siapapun yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Vino.

Vino yang juga menjabat sebagai ketua umum Banteng Muda Indonesia (BMI) mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.

“Mumpung masih di bulan Syawal, saya mohon maaf lahair batin, apabila ada kata dan perilaku yang salah. Baik saya sengaja maupun tidak saya sengaja,” ujar Vino.

Sementara itu, salah seorang peserta sosialisasi Tatang, mengucapkan terima kasih kepada Herviano, yang banyak membantu perkembangan pembangunan di Kabupaten Semarang, khususnya Kecamatan Suruh.

Ia berharap sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, bisa menambah wawasan dan bisa semakin menjalin silaturahmi antara wakil rakyat dengan rakyat.

“Semoga sosialisasi empat pilar yang digelar oleh bapak Herviano ini, bisa memupuk jiwa nasionalisme warga Suruh pada khususnya,” kata Tatang.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di Desa Jatirejo Kecamatan Suruh, diikuti oleh masyarakat dan kader PDI Perjuangan.

Acara diakhiri dengan kuis empat pilar kebangsaan yang dipandu oleh tim pengawal aspirasi Mochamad Herviano Kabupaten Semarang. (Priyo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini