Suasana Pos Satkamling di Dukuh Sumberejo Desa Wonorejo Kecamatan Kedawung Sragen.(FOTO:TM/ Humas)

SRAGEN(TERASMEDIA.ID)– Pos Satkamling di Dukuh Sumberejo Desa Wonorejo Kecamatan Kedawung Sragen mendadak ramai dikunjungi warga. Pasalnya, seorang pencuri yang diketahui menyatroni rumah warga, berhasil dibekuk kemudian dibawa ke Pos Satkamling tersebut.

Sementara warga lain yang melihat ada seorang pencuri beraksi terlihat geram, hingga hendak main hakim sendiri. Beruntung, sebelum melakukan aksi main hakim sendiri petugas Satkamling bersama Bhabinkamtibmas serta Babinsa, datang menenangkan para warga dan membawa pencuri itu ke Polres Sragen.

Kegiatan itu, rupanya hanya simulasi penanganan kejadian pencurian, dalam lomba Satkamling, yang diperagakan oleh warga Dukuh Sumberejo Desa Wonorejo Kecamatan Kedawung mewakili Polres Sragen pada penilaian Pos Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah, Selasa (13/06/2023).

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Wakapolres Sragen Kompol Iskandarsyah mengatakan, bahwa pos Satkamling di Dukuh Sumberejo memang layak mewakili Sragen, untuk penilaian lomba Satkamling tingkat Jawa Tengah.

Dikarenakan, selain memiliki berbagai prestasi di tingkat Kabupaten Sragen selama kurun waktu lima bulan terakhir ini, Dukuh Sumberejo tergolong Desa paling aman dan memiliki toleransi sangat tinggi, hidup bergotong royong serta tolong menolong yang menjadi pegangan seluruh warga desa.

Kompol Iskandarsyah, mengaku bahwa perbandingan rasio Polres Sragen adalah sekitar 1:1.000, sehingga dari perbandingan jumlah personel Polri dengan masyarakat tersebut, sangat mustahil tugas polisi dapat berjalan tanpa dukungan masyarakat.

“Maraknya pencurian pada rumah-rumah, lingkungan sekolah serta minimarket seperti terjadi pada wilayah lain, menjadi perhatian khusus. Untuk itu, kami harapkan kepada seluruh masyarakat ikut menjaga Kamtibmas secara bersinergi, agar wilayah kita selalu kondusif, terlebih dengan perbandingan warga 1 berbanding 1000, menjadi sangat mustahil Kamtibmas tercapai bila tidak ada peran masyarakat,”papar Kompol Iskandarsyah.

Hadir dalam kegiatan penilaian lomba Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah, Kasubbag Bin Opsnal Polda Jateng sekaligus sebagai tim penilai Kompol Hartono, Wakapolres Sragen Kompol Iskandarsyah, Kasat Binmas Polres Sragen AKP Agus Jumadi.

Selain itu, acara tersebut dihadiri pula oleh para Kapolsek Kawedanan Kota bersama muspika, hingga para perangkat Desa Wonorejo dan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda bersama para warga Dukuh Sumberejo.

Berbagai peragaan lain juga diperagakan dalam kegiatan ini, diantaranya pencak silat oleh salah seorang pemuda bernama Ananda Richardo, serta oleh Laskar Satkamling.

Sementara dalam penilaian tersebut, Kompol Hartono yang juga menyaksikan peragaan penangkapan pencuri oleh warga, hingga menyerahkannya kepada petugas Satkamling Dukuh Sumberejo lantas memberikan apresiasi atas kerjasama para warga bersama petugas Satkamling. (Soes)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini