SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)– Komandan Komando Resort Militer (Korem) 074/ Warastratama Surakarta Kolonel Inf.Ali Akhwan beserta rombongan, meresmikan pemanfaatan air bersih di Ponpes Roohiatul Jannah (Roja) Dukuh Brumbung, Desa Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (25/07/2023).

Di Ponpes asuhan Ustadz Sigit Wahyono ini, Kodim 0726/ Sukoharjo bekerjasama dengan PT Dua Naga, membuat sumur bor air dalam.

Sebelumnya, ratusan santri dan pengasuh tersebut memanfaatkan air seadanya. Air di tempat tersebut keruh, berwarna kekuningan, asin, dan agak bau. Namun warga tidak punya pilihan lain.

Setelah TNI Manunggal Air hadir dan berhasil membuat sumur bor, air yang keluar jernih sekali.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem beserta jajaran Forkopimda menyaksikan zoom Peresmian Penggunaan Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting serentak seluruh Indonesia oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

“Berkat inisiatif dari Kodim 0726/Sukoharjo bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, kebutuhan air bersih di Ponpes Roja dan warga sekitar bisa terpenuhi dengan dibangunnya sumur bor ini. Kita akan terus berkoordinnasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo untuk terus mencari titik-titik mana wilayah atau tempat perlu penanganan terkait air bersih, maka kami akan hadir untuk memberikan solusi. Sekaligus kami juga minta masukan-masukan dari masyarakat terkait dengan kendala air yang ada,” papar Danrem 074/ Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Ali Akhwan.

Sebagai upaya penurunan stunting, Danrem dalam kesempatan tersebut juga memberi bantuan sembako serta paket nutrisi dari Neo Algae untuk balita. Juga ada baksos cek kesehatan untuk warga dan lansia. Kegiatan peresmian ini juga diisi dengan bazar UMKM.

Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santoso sangat mengapresiasi dengan kegiatan penyediaan air bersih oleh jajaran TNI ini.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Sukoharjo, kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala apa yang telah diupayakan oleh Korem 074/Warastratama dan Kodim 0726/Sukoharjo ini. Kita sudah banyak meluncurkan program penyediaan air bersih, diantaranya di daerah Weru dan Bulu. Terkait dengan air bersih ini kita tidak boleh menyerah dengan kesulitan tapi bagaimana memecahkan kesulitan tersebut,” ujar Agus Santosa.

Pimpinan Ponpes Roja, Ustadz Sigit Wahyono mengaku senang dengan adanya program TNI Manunggal Air ini, sehingga kebutuhan air bersih di pondoknya serta warga sekitar, sudah teratasi dengan baik.

“Air di sini sejak dulu itu keruh, berwarna, asin, dan agak bau. Dengan dibangunnya sumur bor air dalam oleh TNI dan pihak terkait, alhamdulilah air yang keluar jernih sekali. Terimakasih kami ucapkan untuk jajaran TNI dan PT Dua Naga,” kata Ustadz Sigit.

Dalam kesempatannya tersebut orangtua beserta balitanya juga hadir, menerima cek kesehatan gratis serta memperoleh pemahaman pentingnya menurunkan angka stunting. (Hasna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini