Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyerahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada salah seorang peserta kegiatan.(FOTO:TM/Ndre)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Bupati Kendal Dico M Ganinduto, membuka Pelaksanaan Pelatihan Kerja Berdasarkan Unit Kompetensi Tahun 2023, di Aula UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Selasa(08/08/2023).

Acara yang dilaksanakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja(BLK) Kabupaten Kendal ini, diikuti 160 orang peserta dan dihadiri oleh Kepala UPTD BLK Disperinaker Kendal, Hendro Setiyo Utomo beserta jajaran, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendal, Agus Suyono, dan para perwakilan perusahaanyang ada di Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Dico M Ganinduto mengatakan, bahwa pelatihan kerja ini dilaksanakan sebagai upaya bersama untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Kendal dan menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Kendal.

Selain itu, juga untuk memastikan seluruh masyarakat Kendal memiliki kesempatan yang sama dalam memaksimalkan peluang kerja yang ada di Kabupaten Kendal terserap dengan baik.

“Dari Pemerintah Kabupaten Kendal, akan terus memaksimalkan kegiatan seperti ini dan mengingat akan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan yang dibuka di Kendal khususnya di Kawasan Industri Kendal(KIK),”kata Dico M Ganinduto.

Dico juga mengatakan, kegiatan ini merupakan ekosistem bersama yang harus dibangun, yaitu memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi, sehingga muncul ekosistem saling membutuhkan antara lapangan pekerjaan dari KIK dan diisi oleh masyarakat Kendal yang berkompetensi.

“Kegiatan ini menjadi titik awal karir bagi para peserta untuk memulai mengembangkan kemampuannya. Sehingga diharapkan beberapa tahun kemudian peserta yang dilatih hari ini bisa menjadi manager di KIK, bahkan memiliki industri sendiri, baik skala kecil, menengah, maupun skalabesar,”harap Dico.

Dico berpesan kepada para peserta, agar benar-benar mempersiapkan mental kerja dengan baik, sehingga tidak berpuas diri dan terus bisa meningkatkan kualitasnya SDM sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kepala UPTD BLK Disperinaker Kendal, Hendro Setyo Utomo mengatakan, pelatihan kerja ini diikuti oleh 160 orang peserta yang dibagi menjadi 10 kelas, yaitu operator kejuruan menjahit enam kelas, instalasi telepon seluler satu kelas, menjahit satu stel satu kelas, mengelas satu kelas, dan motor injeksi satu kelas.

“Pelatihan sudah dimulai sejak kemarin, dan semua peserta nantinya rata – rata akan dilatih selama satu bulan, masing-masing mendapatkan pelatihan delapan jam perhari,” kata Hendro.

Hendro juga mengatakan, bahwa hasil dari pelatihan ini para peserta akan disalurkan ke KIK dan beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Kendal, mengingat sebelumya sudah dilakukan koordinasi untuk penempatan kerja bagi para peserta.

Hendro berharap, melalui kegiatan pelatihan – pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal bisa bermanfaat bagi masyarakat Kendal, dan nantinya Kendal memiliki SDM yang berkompeten dan berdaya saing.

Dalam pelatihan ini, juga dilakukan penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Dico kepada para peserta kegiatan.(Ndre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini