BLORA(TERASMEDIA.ID)– Ratusan pegawai Dinas Kesehatan(Dinkes)Kabupaten Blora menjalani Rockport atau pemeriksaan olahraga dengan lari mengitari lapangan Kridosono sejauh 1,6 kilometer, Jumat (08/09/2023).

Kepala Dinkes Blora, Edi Widayat mengatakan program Rockport merupakan kegiatan rutin yang digelar dua kali dalam setahun dan kegiatan ini untuk menilai tingkat kebugaran seseorang.

“Yang dilihat kebugaran jantung dan paru-paru. Lari sejauh 1,6 kilometer, kalau tidak lari bisa jalan cepat atau jalan biasa,” kata Edi Widayat.

Menurut Edi Widayat, kegiatan ini penting dilakukan di tengah kesibukan pegawai. Selain Dinkes, program ini juga diterapkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ini sudah kita terapkan di semua OPD. Karena ini penting, kita ingin tahu tingkat kebugaran dari pegawai dan kesehatannya seperti apa,” ucapnya.

Adapun beberapa tolak ukur seseorang dikatakan bugar dan sehat dilihat dari usia dan waktu tempuh saat berlari. Data itu nantinya dimasukkan ke aplikasi.

“Kalau manual lama, makanya kita lewatnya aplikasi sehingga baru nanti siang atau besok pagi baru bisa kita lihat hasilnya. Kita ukur berapa lama tiap orang kan beda-beda tergantung kebugaran masing-masing,” paparnya.

Salah satu pegawai Dinkes, Nanik Sri Mulyaningsih menanggapi positif kegiatan ini. Ia menilai kegiatan semacam ini sangat baik untuk melihat kondisi kesehatan pegawai.

“Ya ini kegiatan yang bagus sekali. Jadi kita tahu kondisi tubuh kita. Karena jangan sampai kita orang kesehatan justru tidak tahu kesehatan diri sendiri,” ucapnya.(MN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini