Piagam Penghargaan untuk Desa Bumiayu Kecamatan Weleri.(Foto:TM/ Istw)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Desa Bumiayu Kecamatan Weleri, mendapat piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik(BPS) Pusat sebagai 10 desa/ kelurahan terbaik dalam Program Desa Cinta Statistik 2023 Nasional di Jakarta, Senin(04/12/2023).

Untuk mensosialisasikan keberhasilan ini, Pemerintah Kabupaten Kendal lewat Dinas Komunikasi dan Informatika(Kominfo) Kabupaten Kendal, menggelar acara jumpa pers terkait keberhasilan tersebut dengan puluhan wartawan, di Ruang Ngesthi Widhi Setda Kendal, Rabu(06/12/2023).

Hadir pada acara ini, Sekda Kendal, Sugiono, Kepala Diskominfo Kendal, Ardhi Prasetyo dan jajaran, Camat Weleri Dwi Cahyo, Statistisi Pertama BPS Kabupaten Kendal, Eli Sufiati, dan perwakilan dari Dispermasdes Kendal.

Sekda Kendal, Sugiono mengapresiasi positif apa yang diraih oleh Pemerintah Desa Bumiayu, karena bisa masuk dalam 10 desa terbaik karena melaksanakan data statistik dengan benar.

“Ini berarti, perangkat desa yang ada di Desa Bumiayu telah melek teknologi digital. Semoga ke depan seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kendal harus bisa mendapatkan predikat Desa Cinta Statistik(Cantik),”kata Sekda Kendal Sugiono.


Sugiono menyampaikan, bahwa dengan raihan ini pihaknya menobatkan Desa Bumiayu sebagai pelopor atau pilot project bagi desa yang lain.

“Desa/ Kelurahan yang lain bisa belajar dari Bumiayu untuk pengembangan data statistik. Terlebih data statistik juga berdampak pada perencanaan program pembangunan desa,”ujar Sugiono.

Sekretaris Desa Bumiayu, Dwi Santoso mengatakan, untuk memperoleh Desa Cantik, desa harus memiliki sarana dan prasarana digital yang memadai. Selanjutnya, desa juga harus memiliki website yang bisa diakses oleh masyarakat.

“Kami juga memiliki puluhan aplikasi untuk masyarakat. Dan warga bisa bebas mengakses informasi desa melaluli perangkat yang ada,”kata Dwi Santoso.

Sementara itu, Statistisi Pertama BPS Kabupaten Kendal, Eli Sufiati mengatakan, Program Desa Cantik ini dimulai dari tahun 2021 silam dan empat kriteria yang menjadi tolak ukur penilaian Desa Cantik di Tahun 2022.

“Di Kendal, ada tiga desa yang mendapatkan pembinaan Desa Cantik, yakni Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung, Desa Sumberejo Kaliwungu dan Desa Kumpulrejo Patebon. Untuk tahun 2023 ini, yang mendapatkan pembinaan adalah Desa Bumiayu Kecamatan Weleri dan berhasil mendapatkan piagam penghargaan dan bisa masuk dalam Program Desa Cinta Statistik,”kata Statistisi Pertama BPS Kabupaten Kendal, Eli Sufiati.

Eli Sufiati menyampaikan, tujuan dari program Desa Cinta Statistik(Cantik) ini dilakukan, yakni untuk meningkatkan literasi dan kesadaran perangkat desa dalam penyelenggaraan statistik.

Dimana perangkat desa harus memanfaatkan dan mengelola data statistik desa untuk menyelenggaraan program data- data statistik desa.(Likwi)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini