BANJARNEGARA(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak 57 desa di Kabupaten Banjarnegara, dua hari lagi secara serentak akan melaksanakan Pilkades. Saat ini, panitia di sejumlah desa, sedang melakukan pelipatan surat suara dengan pengamanan dari Kepolisian dan TNI.

Tidak hanya surat suara, kotak suara untuk TPS yang terbuat dari kertas kardus berlogo Pemkab Banjarnegara, juga sudah mulai di rangkai oleh anggota Linmas.

Untuk empat wilayah seperti Susukan, Mandiraja, Purwareja Klampok, dan Purwonegoro, nampak panitia Pilkades masing-masing mulai sibuk melakukan pelipatan yang dilakukan di kantor Kecamatan.

Mandiraja misalnya, panitia pelaksanaan tiap desa terlihat sudah memulai melipat surat suara di aula Kecamatan. Untuk hari ini, Minggu 03 Maret 2024), hanya dua desa yang melakukan pelipatan dengan pengawasan langsung oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Hariyanto Agus Setiyadi mewakili Camat Anang Susanto yang berhalangan hadir.

Menurut Sekcam Agus, untuk wilayah Kecamatan Mandiraja ada tiga desa yang akan melaksanakan Pilkades, sehingga untuk mengejar dan mempersingkat waktu, pelipatan akan dilakukan sampai selesai.

“Hari ini surat suara sudah diterima di Kecamatan, ini langsung kita koordinasikan kepada semua panitia Pilkades tiga desa, yaitu Panggisari, Blimbing dan Mandiraja Wetan, agar melakukan pelipatan, soalnya harus selesai, sampai malam juga tidak apa-apa,” jelas Agus,Minggu(03/03/2024).

Dari tiga desa yang melakukan peliputan, hanya Blimbing yang akan mulai melakukan pelipatan di malam hari.

“Hanya Desa yang belum datang, rencana nanti setelah Isya, karena masih pada rapat panitianya,” ujar Agus.

Menurut Agus, surat suara yang sudah di lakukan pelipatan, tidak akan langsung dikirim ke desa, namun tetap di kecamatan, baru besok diserahkan, dengan dikawal anggota Polsek dan Koramil Mandiraja.

Dibandingkan dengan Pemilu 2024 kemarin, lanjut Agus, Pilkades serentak di 57 desa se-Banjarnegara diprediksi akan lebih ramai dan beberapa desa akan mengalami suasana panas, karena bukan hanya materi yang dipertaruhkan tapi sebuah harga diri untuk menjadi pemimpin.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini