Seseorang sedang donor darah di kantor PMI.(Foto:TM/ BR)

BANJARNEGARA(TERASMEDIA.ID)– Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, menjamin stok darah selama bulan suci Ramadan 2024 aman dan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana melalui Kepala Unit Donor Darah (UDD) dr. Syarah Mutia Dewi mengatakan, saat ini permintaan dan kebutuhan darah di beberapa rumah sakit cenderung fluktuatif.

“Kami terus menggencarkan sosialisasi donor dan edukasi tentang donor darah saat puasa serta mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak termasuk kelompok kelompok donor potensial,” ujar dr. Syarah Mutia Dewi.

Dokter Syarah Mutia Dewi menjelaskan, pemantauan terhadap persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara dilakukan secara berkala dengan mengintensifkan komunikasi dengan bank darah di beberapa rumah sakit.

“Sejak awal Ramadan hingga saat ini permintaan darah dari masyarakat di beberapa rumah sakit yang menjadi mitra PMI Banjarnegara cenderung masih stabil,” ujar dr. Syarah Mutia Dewi.

Pihaknya menambahkan, beberapa inovasi dilakukan saat Ramadan tahun ini agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal dan professional seperti yang diharapkan.

“Kami juga membuka layanan donor darah pada malam hari, jika ada pendonor yang ingin berdonor pada malam hari sesudah berbuka puasa atau selepas shalat tarawih,” ucapnya.

Selain itu, UDD PMI Banjarnegara juga memberikan kado spesial kepada pendonor yang berkenan mendonorkan darahnya di bulan Ramadan ini sebagai bentuk terima kasih atas sinergi dan donasi yang diberikan.

“Selain paket menu donor, kami juga menyediakan 250 paket minyak goreng dan gula pasir untuk pendonor yang langsung mendonorkan darahnya di UDD PMI Banjarnegara,” tegasnya.

Tak hanya itu, untuk menopang kebutuhan dan permintaan darah selama Ramadan, beberapa kelompok-kelompok donor darah potensial juga siap menggelar kegiatan donor darah pada malam hari.

“Sedikitnya ada sepuluh kelompok donor darah potensial siap membantu menopang stock darah selama Ramadhan dengan menggelar donor darah malam hari,” terangnya.

Sebagai bentuk dan ucapan terima kasih kepada pendonor darah sukarela yang tersebar di beberapa wilayah tersebut, selain paket menu donor darah UDD PMI Banjarnegara juga memberikan souvenir berupa 1000 payung cantik sebagai bentuk dan ungkapan terima kasih.

“Semoga dengan inovasi dan upaya tersebut sinergitas yang baik dengan masyarakat dapat terus terjaga dengan baik sehingga misi PMI yakni bergerak bersama masyarakat dapat terus terwujud,” harapnya.

Untuk stok persediaan darah Unit Donor darah PMI Banjarnegara, Senin 19 Maret 2024, Golda A ada 90 kantong, Golda B ada 59 kantong, Golda O ada 76 kantong dan Golda AB ada 15 kantong.(BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini