Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Pol. Deddy Prasetyo, Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, dan Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya saat berada di pengungsian.(Foto:TM/ VID)

DEMAK(TERASMEDIA.ID)– Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mengirim tim misi kemanusiaan untuk bencana hydrometeorology di Kabupaten Demak, Sabtu (23/03/2024).

Tim Kemanusiaan yang diberangkatkan sebanyak 110 personil yang dibagi menjadi tiga tim untuk pemulihan sekaligus meringankan beban penderitaan masyarakat terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar.

Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Pol. Deddy Prasetyo mengatakan, tiga tim yang diberangkatkan yakni, Tim Trauma Healing dan Konselor, kemudian Tim Dokkes Polri dan Tim Polwan Tanggap Bencana.

“Pagi ini kami dari Mabes Polri meninjau langsung tempat pengungsian di Desa Ngaluran. Alhamdulillah atas sinergitas dan kolaborasi TNI, Polri, Pemda dan relawan, penanaganan banjir dapat teratasi dengan baik,” kata Irjen Pol. Deddy Prasetyo di tempat pengungsian SD N 3 Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar.

Menurut Irjen Pol. Deddy Prasetyo, Mabes Polri juga mengirim bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya berupa obat-obatan, 1.000 paket untuk anak-anak, 11.842 potong pakaian, 10 ton beras, 500 dus air mineral, 700 dus mie instan dan 725 makanan cepat saji.

“Total 50.789 paket bantuan yang kami salurkan kepada korban banjir di Demak. Karena durasi banjirnya cukup panjang, tim trauma healing ini akan bersinergi, bekerja sama, dengan tim yang sudah ada di Polda Jateng untuk penguatan mental bagi para pengungsi yang berdampak,” papar Irjen Pol. Deddy Prasetyo.

Tim dari Dokkes Polri, lanjut Irjen Pol. Deddy Prasetyo, juga akan bekerja sama dengan tenaga kesehatan dan tenaga medis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Sedangkan tim Polwan Tanggap Bencana untuk membantu kegiatan dapur umum yang berada di lokasi pengungsian.

Adapun terkait sampai kapan tim kemanusiaan akan membantu para korban banjir Demak, mantan Kadiv Humas Polri ini menyampaikan tergantung dengan situasi dan kondisi di lokasi.

“Semoga dengan bantuan yang kami bawa dapat bermanfaat bagi saudara kita yang terdampak banjir, dan semoga dengan kerja sama serta kolaborasi semua pihak bancana ini dapat segera tertangani,” ungkapnya.

Sementara Bupati Demak dr. Hj. Eisti’anah mengungkapkan rasa terima kasih kepada jajaran Kepolisian yang selama ini secara masif membantu korban banjir maupun penanganan tanggul jebol di Sungai Wulan.

“Kami apresiasi jajaran Kepolisian yang telah memberikan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Demak. Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga terdampak banjir,” katanya.(VID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini