HR Mastur Darori saat ditemui tim pemilihan Gender Champion 2024 di rumahnya.(Foto:TM/ Istw)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)-Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA), pada Kamis 25 April akan menggelar acara Pemilihan Gender Champion 2024, di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

Bentuk penghargaan yang diberikan dalam pemilihan Gender Champion 2024, yakni untuk satu orang yang terpilih di masing-masing bidang.

Adapun bidang yang dipilih, yaitu dari bidang politik, bidang hukum, bidang ekonomi dan generasi milenial.

Salah seorang tokoh masyarakat sekaligus pengusaha sukses dari Sukorejo Kendal, HR Mastur Darori, masuk nominasi pada bidang ekonomi.


Saat ditemui di rumahnya pada Sabtu 20 April lalu oleh tim pemilihan Gender Champion 2024, pihaknya mengaku kaget. Karena dia tak menyangka akan terpilih dan akan diundang pada puncak hari Kartini pada Kamis tanggal 25 April 2024 lusa.

“Alhamdulillah, saya tak menyangka akan dipilih dan masuk dalam pemilihan Gender Champion 2024 yang baru kali pertama diadakan di Kabupaten Kendal ini,”kata HR Mastur Darori.

Kepala DP2KBP2PA Kendal, Albertus Hendri Setyawan mengatakan, tujuan digelarnya Pemilihan Gender Champion 2024 adalah sebagai bentuk apresiasi kepada warga atas peran, dedikasi dan kontribusinya untuk mewujudkan kesetaraan gender kepada lingkungan dan masyarakat.

“Indikator penilaiannya dalam pemilihan adalah yang pertama prestasi dalam implementasi kesetaraan dan keadilan gender di masyarakat. Kedua, keterlibatan di organisasi atau di lembaga masyarakat dan masyarakat umum. Yang ketiga, inovasi pencapaian pelaksanaan kesetaraan dan keadilan gender di masyarakat,” ungkap Hendri Setyawan, Senin(22/04/2024).

Hendri mengatakan, pemilihan Gender Champion 2024 yang baru pertama kali digelar di Kendal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024.

“Untuk pemilihan kriteria yang bisa masuk dalam lomba adalah, perseorangan, aktivis, tokoh masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan, dengan usia 15 sampai dengan 70 tahun,” jelas Hendri.

Menurut Hendri, peserta dinilai memiliki kontribusi atau berkiprah dalam rangka perwujudan kesetaraan dan keadilan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak di lingkungannya.

“Selain itu, peserta mampu meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak, lansia, penyandang disabilitas, dan kelompok masyarakat rentan. Untuk kepesertaan bisa dari generasi milenial inspiratif, dan juga warga sebagai agen penggerak dan perubahan di masyarakat,” terang Hendri.

Hendri menyampaikan, bentuk penghargaan yang diberikan dalam pemilihan Gender Champion 2024, yaitu untuk satu orang yang terpilih di masing-masing bidang. Adapun bidang yang dipilih, yaitu dari bidang politik, bidang hukum, bidang ekonomi dan generasi milenial.

“Dipilihnya HR Mastur Darori, beliau telah berkiprah di bidang ekonomi dan mempekerjakan banyak orang dari sejumlah kegiatan usaha baik olahraga maupun usaha lainnya,”ujarnya.(Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini