KENDAL, TERASMEDIA.ID– Bupati Kendal, Dyah Kartika Permanasari dan Wakil Bupati Kendal, Benny Karnadi, menghadiri acara “Launching Administrasi Layanan Kependudukan bagi Korban Banjir serta Pengobatan Gratis” di Balai Desa Kebonharjo, Patebon, Sabtu(08/03/2025).
Bupati mengatakan, antusias warga untuk mengurus administrasi kependudukan begitu tinggi.
Hal ini bisa dilihat dari jumlah warga yang hadir baik yang mengurus surat- surat kependudukan maupun yang ingin berobat gratis.
“Dengan kegiatan pembuatan administrasi gratis ini, diharapkan bisa meringankan beban hidup para korban banjir, karena mereka sebetulnya tidak hanya kehilangan surat- surat berharga saja, melainkan juga harta dan benda,” kata Bupati, Sabtu(08/03/2025).
Menurut Bupati, pelayanan gratis bagi korban banjir di Balai Desa Kebonharjo ini, hanya khusus pelayanan dari Disdukcapil saja sedangkan surat- surat seperti sertifikat kepemilikan rumah atau kebun tidak dilayani.
Bupati menyampaikan, dengan adanya pelayanan jemput bola ini, diharapkan masyarakat yang membutuhkan bisa segera untuk mengurus surat- surat yang rusak atau hilang.
Pelayanan gratis bagi korban banjir ini, lanjut Bupati, merupakan bukti perhatian dan kehadiran Pemerintah Kabupaten Kendal di saat masyarakatnya mengalami bencana.
“Layanan gratis ini, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kembali dokumen-dokumen yang hilang di saat banjir beberapa pekan yang lalu,” ucap Bupati.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Kendal, Ratna Mustika Ningsih mengatakan, pelayanan administrasi kependudukan bagi korban bencana banjir ini, dibarengi dengan pengobatan gratis.
“Pelayanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan hari ini, merupakan acara penyerahan dokumen administrasi kependudukan yang dilaporkan oleh Kepala Desa Lanji dan Kepala Desa Kebongarjo Patebon dari warga yang dokumentasinya hilang kepada kami,” katanya.
Disdukcapil Kendal, sebelumnya juga sudah melayani warga yang mengurus dokumen secara mandiri di kantor Disdukcapil.
Selain itu, beberapa hari bencana banjir selesai, pihak Disdukcapil juga membuka posko pelayanan di Desa Lanji dan Kebonharjo.(SPW)