Sejumlah perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) terlihat di Lobby Kantor Bupati Sukoharjo.(FOTO:TM/HN)

SUKOHARJO(TERASMEDIA.ID)-Bupati Sukoharjo Etik Suryani, secara simbolis menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian(Alsintan) yang terdiri dari 7 unit Rice Transplanter, 20 unit Traktor, 10 unit Pompa Air, dan 2 unit Cultivator, kepada perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Lobby Kantor Bupati, Jum’at(27/08/2021).

Sejumlah Alsintan ini, merupakan hasil serap aspirasi dari Ketua DPR RI Puan Maharani untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan setempat.

“Dalam rangka untuk mencapai target produksi tanaman pangan, dan mendukung tercapainya ketahanan pangan di Sukoharjo, perlu adanya percepatan tanam dan penanganan panen,” kata Bupati Sukoharjo Etik Suryani, biasa dipanggil, Etik.

Menurut Etik, yang terjadi di lapangan saat ini, Sukoharjo mengalami kendala keterbatasan tenaga kerja di bidang pertanian. Sehingga penggunaan Alsintan merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan produksi.

“Sekarang mencari tenaga di bidang pertanian sangat susah. Makanya dengan adanya bantuan Alsintan dari Ibu Puan ini, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi serta meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Etik.

Selain itu, dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, dengan adanya Alsintan yang memadai, diharapkan juga akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing hasil pertanian dari petani Sukoharjo.

“Dengan pemanfaatan Alsintan ini, diharapkan dapat mendorong petani dalam meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas pertanian di Sukoharjo,” ucap Etik, yang didampingi Wakil Bupati Agus Santosa ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno menambahkan, ketersediaan Alsintan untuk mendukung peningkatan produksi pertanian, secara berkala akan terus dilakukan.

“Secara berkala, kami akan memenuhi, baik melalui anggaran APBD Daerah, Provinsi maupun dari Pemerintah Pusat. Sebenarnya, kami juga banyak menerima permohonan bantuan melalui proposal untuk memenuhi kebutuhan Alsintan bagi petani,” papar Etik.(HN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini