Tim Basarnas Cilacap saat melakukan pengamanan di laut lepas.(FOTO:TM/HRN)

CILACAP(TERASMEDIA.ID)– Basarnas Kabupaten Cilacap, ikut serta dalam pengamanan sedekah laut yang digelar pihak Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap, di laut lepas Cilacap selama dua hari yaitu 26 dan 27 Agustus 2021.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya, mengatakan, setiap tahun pihaknya selalu ikut serta dalam pengamanan sedekah laut tersebut, baik itu pengamanan lewat darat dan lewat laut.

Pada Kamis (26/08/2021) pagi, pihaknya melakukan pengamanan sedekah laut lewat darat dan laut yang di Pantai Karangbandung Nusakambangan, Cilacap dengan memakan waktu sekitar tiga jam perjalanan dan lewat laut menggunakan perahu RIB sampai perairan Nusakambangan tepatnya Pantai Karangbandung Nusakambangan Cilacap, dan semua acara berjalan dengan lancar.

“Pengamanan kami lanjutkan pada hari ini, Jumat (27/08/2021) dengan menerjunkan 12 Personil dan dua Rigit Inflatable Boat (RIB) serta sebanyak 10 jolen yang dilarung dari 8 rukun nelayan dan dua dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap,”kata Inyoman, Jumat(27/08/2021).

Untuk mencegah adanya kerumunan masyarakat yang ingin menonton, larungan jolen ini dibawa dari rukun nelayan dan kelompok nelayan dari lokasinya masing-masing.

Acara sedekah laut ini, merupakan acara tahunan masyarakat nelayan di Kabupaten Cilacap, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki yang diberikan. Serta sebagai upaya untuk melestarikan budaya yang sudah ratusan tahun digelar masyarakat nelayan Cilacap.

“Semua kegiatan pengamanan berjalan dengan lancar dan tidak ada kejadian yang mengakibatkan adanya korban jiwa,”ujar Inyoman.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini