Foto- foto anak- anak SD Negeri 1 Sokanegara saat mengikuti pelatihan secara daring.(FOTO:TM/HRN)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Sebanyak 100 siswa SD Negeri 1 Sokanegara mengikuti Program Safe Steps Kids, yakni program pelatihan yang mengajarkan anak-anak cara menyelamatkan hidup dalam keadaan darurat, secara daring pada Sabtu( 25/09/ 2021).

Program ini difasilitasi oleh Palang Merah Indonesia(PMI) serta didukung oleh Prudence Foundation bekerjasama dengan Kartun Network dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC).

”Materi yang diajarkan pada program ini adalah materi pertolongan pertama, bencana alam dan Covid-19,” kata Irsyam Prihadi Pengurus PMI Banyumas Bidang Diklat dan PMR.

Kegiatan ini juga diisi sambutan Sekretaris Jendral(Sekjen) PMI, Sudirman Said.
Dalam video sambutannya, Sekjen PMI menyampaikan kepada peserta perihal pencegahan Covid-19 dengan cara menjalankan 3 M yaitu memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak.

Selain cara menghindari Covid-19 pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana cara memberi pertolongan kepada seseorang
saat mengalami kecelakaan.

Irsyam menambahkan program pelatihan yang dilaksanakan secara daring ini mengajarkan anak-anak tentang bagaimana cara menyelamatkan hidup dalam keadaan darurat dengan menghadirkan The Powerpuff Girls, We Bare Bears.

Materi pertolongan pertama yang diajarkan kata Irsyad, antara lain mengatasi tersedak, luka bakar, luka berdarah, dan patah tulang.

Untuk materi bencana, yaitu bencana banjir dan gempa bumi.

”Seluruh siswa diberikan Education Kit yang berisi permainan interaktif seperti, acak kata, tebak gambar, buku mewarnai, melengkapi poster, dan tebak kata. Khusus untuk materi Covid-19, disediakan pula materi yang dikemas dalam bentuk lagu agar lebih mudah diingat anak,” kata Irsyam.

Dalam kegiatan tersebut lanjut Irsyam, pendekatan pengajaran “Safe Steps Kids” dengan metode interaktif, santai, dan kaya informasi.

Hampir semua anak yang mengikuti pelatihan, menyatakan edukasi yang diberikan menarik, bermanfaat, dan disampaikan secara jelas.

Almira Azalia Fawas siswa kelas 6B menyampaikan senang mengikuti kegiatan ini.

”Acaranya asik dan menyenangkan. Walaupun kegiatannya online tetapi seperti kegiatan tatap muka. Karena kakak fasilitator sangat aktif menyampaikan materi kepada kita dan kita juga diajak bermain bersama,” tuturnya.

Pada akhir kegiatan Kepala SD N 1 Sokanegara Suharto menyampaikan terimakasih kepada PMI dan Prudential Indonesia yan telah memberi kegiatan kepada anak-anak berupa program edukasi ”Safe Steps For Kids”.

”Semoga materi yang diberikan oleh fasilitator PMI kepada anak didik kami menjadi suatu bekal kepada mereka. Semoga dimasa yang akan datang mereka dapat bertambah wawasan dan dapat melaksanakan apa yang telah diajarkan,” papar Suharto. (HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini