Seorang robot sedang memperkenalkan jenis sayuran kepada salah seorang anak sekolah.(FOTO:TM/SL)

SRAGEN-(TERASMEDIA.ID)– Dalam rangka rangkaian memperingati Hari Tani Nasional(HTN), 24 September 2021, Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) Kabupaten Sragen, menggandeng petani di Desa Tlogotirto, Sumberlawang, memperkenalkan kepada anak-anak tentang tanaman padi, jagung, singkong, cabe dan sayur mayur.

Hal tersebut dimaksudkan agar anak- anak sejak dini mengenal ilmu pertanian, sebab petani adalah ujung tombak perekonomian Bangsa.

Yang paling unik dan menarik dalam pengenalan terhadap anak -anak ini panitia sengaja mendatangkan dua robot untuk menjelaskan pentingnya bertani, dan sekaligus memperkenalkan hasil dari pertanian, semisal padi, jagung, singkong dan sayur mayur.

Dua robot ini sengaja didatangkan untuk memikat anak-anak agar mereka mau datang dan mau mendengarkan penjelasan dari robot.

Seperti yang diketahui sebelumnya oleh anak anak, bahwasanya robot identik dengan kekerasan dan permusuhan, namun dua robot yang didatangkan oleh panitia justru memberikan pencerahan dan memberikan motivasi terhadap anak anak.

Karena dua robot ini bisa menjelaskan apa arti petani serta hasil dari pertanian. Karena selama ini anak- anak cenderung terlena dalam permainan komputer dan media sosial.

Menurut Endro Supriyadi, seorang petani dan juga pengurus PKB, dia mengaku lebih enjoy dan mengenai sasaran jika mulai dini anak- anak diperkenalkan cara bertani dan apa saja hasil dari pertanian.

Ternyata setelah anak-anak diberi motivasi serta penjelasan dari robot tentang pentingnya bertani, anak- anak baru tahu bahwa bahan dasar seluruh makanan dan minuman semua hasil dari bertani.

“Dan ini tepat sekali jika kita memperkuat pertanian karena negara kita adalah negara agraris. Kita mengajak anak anak untuk memperkenalkan lebih dekat apa itu bertani. Sekarang yang mereka tau permainan yang serba mesin dan komputer, oleh sebab itu saya mengajak anak- anak untuk berkunjung di sebuah Desa Tlogotirto untuk belajar lebih dekat kepada para petani di desa tersebut,” paparnya.

Sementara itu Sunarto, selaku ketua kelompok tani di Desa Tlogotirto, merasa berterima kasih atas dorongan serta motivasi yang diberikan oleh pemerintah dan juga dari partai.

“Dukungan serta dorongan dari pemerintah yang bekerjasama dengan partai ini, diharapkan bisa berkesinambungan, dimohon dalam satu bulan sekali dilakukan penyuluhan, agar petani di Desa Tlogotirto dan sekitarnya bisa maju,”ujarnya. (SL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini