Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani saat memberikan sambutan di hadapan para tamu undangan.(FOTO:TM/NN)

KLATEN(TERASMEDIA.ID)– Tim Penggerak(TP) PKK Kabupaten Klaten menggelar acara “Peningkatan Kapasitas bagi TP PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan Kabupaten Klaten Tahun 2021” di Gedung Wanita Klaten, Selasa (22/06/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati, Kepala Dispermades, PLT Kabag Humas, serta Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Klaten.

Acara ini digelar, untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan dalam gerakan PKK serta meningkatkan motivasi dan kinerja TP PKK dalam menunjang terbentuknya keluarga yang sehat dan sejahtera, sekaligus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bagi anggota TP PKK.

Ketua 2 Pokja PKK Klaten Ny. Widowati Agus Suprapto, mengatakan, dasar penyelenggaraan kegiatan ini adalah Peraturan Presiden(Perpres) Republik Indonesia(RI) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, kemudian Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan PKK, selanjutnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Program Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten Tahun 2021, dan Keputusan Ketua TP PKK Kabupaten Klaten Nomor 09/Kep/PKK Kab/2021 Tanggal 14 Juni 2021 tentang Panitia Pelaksana dan Narasumber Kegiatan Peningkatan Kapasitas Bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan Kabupaten Klaten Tahun 2021.

Terkait peserta dan narasumber Widowati menyampaikan, kegiatan peningkatan kapasitas kali ini mengundang Ketua dan Sekretaris TP PKK Kecamatan serta Ketua TP PKK Desa Binaan se-Kabupaten Klaten, masing-masing satu orang perwakilan, dengan narasumber sebanyak tiga orang pemateri.

“Peserta terdiri dari Ketua dan Sekretaris TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Klaten sejumlah 52 orang, kemudian Ketua TP PKK Desa Binaan se-Kabupaten Klaten sejumlah 52 orang, jumlah 104 orang dibagi dua kelas. Ruang atas terdiri dari 16 kecamatan dan ruang bawah 10 kecamatan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyampaian materi yang pertama dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten Ibu Endang Yoga Hardaya dengan Materi Kepemimpinan, kedua Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten Ibu Hj. Sarmin Sucipto dengan materi Kelembagaan PKK, dan yang ketiga Bendahara Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten Ibu Hj. Emi Slamet Widodo mengenai administrasi keuangan,” kata Widowati.

Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani mengatakan, wanita memiliki andil besar dalam keluarga terlebih dalam masa pandemi ini dengan memberikan edukasi terbaik dalam protokol kesehatan, dan menanggulangi kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

“Kaum wanita memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk sebuah keluarga yang bermartabat. Lebih dari itu perempuan juga mempunyai peran besar terlebih pada masa pandemi Covid-19 pada saat ini, dimana kaum perempuan bisa memberikan edukasi yang baik terkait protokol kesehatan dilingkungan, terutama dilingkungan bapak ibu semuanya. Perempuan juga mempunyai andil dalam penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat yaitu dengan pendidikan dan ketrampilan yang dimilikinya,” terang Bupati Klaten.

Selain itu, lanjut bupati, keberadaan PKK Kabupaten Klaten diberbagai tingkatan banyak berkiprah dan memberikan kontribusi dan telah diakui oleh masyarakat.

“Eksistensi gerakan PKK telah diakui secara luas sebagai gerakan dari dan oleh masyarakat. Merupakan mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Dan tentunya gerakan yang dimotori oleh kaum perempuan ini juga terbukti mendukung secara nyata terhadap akselerasi pembangunan melalui 10 program pokok PKK-nya,”ujar Bupati Klaten.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini juga merupakan salah satu bentuk peran PKK dalam membangun keluarga dam masyarakat. Melalui kegiatan ini segenap Tim Penggerak PKK Kecamatan dan desa dapat lebih bersinergi, sehingga program kerja dapat sesuai dengan kondisi dan aspirasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten.

Melalui forum ini, Bupati Klaten juga menyampaikan kondisi terakhir perkembangan Covid-19 sekaligus meminta kesedian dan peran serta PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa/kelurahan dalam menanggulangi merebaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

“Ibu-ibu saya minta tolong kerjasamanya untuk membantu bapak-bapak kepala desa, membantu satgas desa, ataupun jogo tonggo-nya, bagaimana memberikan edukasi masyarakat harus betul-betul mentaati 5 M. Peran ibu-ibu sangat luwes sangat banyak, tolong disampaikan dengan jaringan ibu-ibu bagaimana masyarakat yang kondisinya saat ini diambil PCR-nya untuk tetap disiplin, jangan kemana-mana sebelum hasilnya keluar. Yang isolasi mandiri harus betul-betul melakukan isolasi mandiri dirumahnya untuk tidak kemana-mana sampai orang tersebut dinyatakan negatif corona. (bila) ada yang bandel tolong telpon pak kepala desa atau camat, nanti segera akan diambil paksa,“ papar Bupati.(NN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini