BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)- Kepengurusan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal 08 Kecamatan Cilongok, dilakukan pengukuhan di lokasi Wisata Mangku, Desa Rancamaya Kecamatan Cilongok, Minggu(10/10/2021).

Secara aklamasi, pada bulan September 2021 lalu telah dilakukan pemilihan ketua untuk periode 2021- 2025, adalah Eko Supriyanto JZ11 VOR.

“Dengan telah dikukuhkannya ketua baru ini, secara resmi RAPI Lokal 08, memisahkan diri dari RAPI Lokal Banyumas Barat Cipakularang (Cilongok, Pakuncen Gumelar Ajibarang),”kata Ketua RAPI 08 Banyumas JZ11 DTP Suherman.

Menurut Suherman, pemisahan diri ini dilakukan dengan pertimbangan jumlah anggota yang saat ini sudah mencapai 80 personil yang sudah mencukupi persyaratan untuk mengurus rumah tangga organisasi lokal sendiri di bawah Rapi Wilayah 08 Banyumas.

Suherman mengatakan, di era digital dan perkembangan jaringan komunikasi elektronik yang sudah sangat maju, ternyata hoby menggunakan alat komunikasi Handy Tranceifer (HT) dan perangkat komunikasi Rig masih digemari oleh masyarakat khususnya anggota RAPI.

“Bukan hanya sekedar berbincang ngobrol di udara namun peran anggota Rapi dapat menggunakan alat komunikasi untuk membantu penanganan bencana apalagi untuk daerah yang blank spot signal Hand Phone,” ucap Suherman dalam sambutannya.

Suherman meminta, agar anggota RAPI selalu mematuhi aturan pemerintah di bawah kementerian Kominfo serta menjaga etika dalam berkomunikasi.

Eko Supriyanto JZ11 VOR, menyambut baik dan menerima jabatan sebagai ketua RAPI Lokal 08 Kecamatan Cilongok periode 2021-2025 ini.

“Semoga kedepan dapat membawa peran RAPI semakin baik dalam ikut mendukung program pemerintah melalui radio komunikasi dan membantu dalam hal penanggulangan kebencanaan,”katanya.

Eko Supriyanto mengaku, tidak kurang dari 20 orang yang telah disiapkan sebagai team reaksi cepat (TRC) yang siap diterjunkan pada saat emergency kebencanaan.

Hadir pada acara pengukuhan perwakilan Camat Cilongok Kepala Desa Rancamaya Kecamatan Cilongok Kab Banyumas, pembina Fortasi Eddy Wahono dan Koordinator Fortasi Sudjadmiko.

Selain itu juga sejumlah perwakilan relawan lintas organisasi terdiri dari Serayu Rescue, MTA, MDMC, Asar Humanity, Gerpik, relawan khusus Orang dengan Gangguan Jiwa(ODGJ) Banyumas serta divisi seni 99 production Banteng Mas.

Pembina Fortasi Eddy Wahono, mengucapkan terimakasih kepada Rapi Lokal 08 Cilongok, karena selama ini team reaksi cepatnya selalu tampil bersama Fortasi di setiap peristiwa kebencanaan.

“Saya berharap, kita harus bergandengan tangan karena saat ini sudah memasuki musim penghujan di mana Banyumas termasuk daerah retensi bencana banjir dan tanah longsor,”harapnya.(HRN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini