Sejumlah anggota polisi dan warga berada di ruas jalan Wadasmalang-Plumbon, tepatnya di Dukuh Sumberan Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung.(FOTO:TM/NUH)

KEBUMEN(TERASMEDIA.ID)-Ruas jalan Wadasmalang-Plumbon, tepatnya di Dukuh Sumberan Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung beberapa pekan terakhir sering longsor.

Hal ini tentu mengganggu perjalanan masyarakat, mengingat jalur tersebut adalah jalur utama penghubung Kecamatan Alian dengan Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung.

Melihat kejadian ini,Polsek Karangsambung bergerak cepat mengevakuasi puing-puing bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD), Kecamatan Karangsambung dan perangkat desa setempat.

“Karena tebing batu cadas sering runtuh dan jatuh ke bahu jalan, pengguna jalan yang akan melintas juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa lokasi yang akan dilalui benar-benar aman untuk dilalui atau tidak,”kata Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman.

“Setelah mendengar informasi ada longsor, Polsek bersama instansi terkait segera menuju ke lokasi dan melakukan evakuasi. Dan saat ini puing-puing sudah disingkirkan dan bisa dilalui warga dengan aman,” kata Iptu Tugiman, Kamis(14/10/2021).

Kapolsek Karangsambung, Iptu Masdar memimpin langsung jalannya evakuasi puing-puing batu cadas yang longsor ke ruas jalan ini. Iptu Masdar mengatakan, longsor bisa terjadi kapan saja karena rapuhnya tebing.

“Ini menjadi kerawanan tersendiri jika warga yang melintas tidak waspada,”katanya.

Terkait kejadian ini, lanjut Iptu Masdar, kedepan tebing akan dinormalisasi, dibuat terasering agar tebing tidak longsor lagi dan tidak membahayakan pengguna jalan.

“Ini harus segera dilakukan normalisasi, untuk keamanan bersama,” ucap Iptu Masdar.(NUH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini