Salah seorang petugas kesehatan sedang menyuntikan vaksin ke lengan salah seorang warga Desa Pandanarum.(FOTO:TM/H-03)

BANJARNEGARA(TERASMEDIA.ID)– Ribuan orang warga Kecamatan Pandanarum antusias mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarat (Sibat) Desa Lawen, bertempat di Posko Sibat Lawen Wisma Gunung Damar, Senin(01/11/2021).

Kegiatan ini merupakan hasil sinergi dan kerja sama dengan Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Banjarnegara, Puskesmas Pandanarum, PMI Kecamatan Pandanarum serta Pemerintah Desa(Pemdes) Lawen.

Komandan Sibat Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Adhe Benni Araneta, S.Pd mengatakan, kegiatan vaksinasi merupakan implementasi dari Survelains Berbasis Masyarakat dalam Program Percepatan dan Penguatan Respon Pandemi Covid-19 berbasis masyarakat dukungan PMI Pusat dan Korea International Cooperation Agency (KOICA).

“Terima kasih kami sampaikan kepada PMI dan KOICA yang telah mempercayakan program kepada kami sehingga masyarakat menjadi lebih sadar tentang arti penting PHBS dan upaya antisipasi terhadap berbagai penyakit, serta percepatan dalam penanggulangan Covid-19 dengan menjangkau berbagai segmentasi,” papar Komandan Sibat Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Adhe Benni Araneta.

Dalam kegiatan vaksinasi ini, sedikitnya 1051 orang dapat terlayani dengan baik meski awalnya stigma masyarakat terhadap vaksin cenderung miring dengan berbagai perspektif.

Lewat pendekatan dari rumah ke rumah dan kerja keras Tim Sibat dalam program KOICA, akhirnya di luar dugaan target vaksinasi dapat melambung tinggi bahkan mencakup untuk wilayah Kecamatan Pandanarum.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Yon Setiawan, S.Kep, NS, M.H berharap, kegiatan vaksinasi terpadu dapat mempercepat capaian herd immunity bagi masyarakat dan umumnya dapat mengangkat Banjarnegara yang saat ini masih level 3.

” Kami menyediakan 1200 dosis vaksin untuk masyarakat dalam kegiatan kali ini, dan luar biasa antusias masyarakat di bawah Koordinasi Tim Sibat Lawen dan semua bisa berjalan optimal sesuai target,”kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Yon Setiawan.

Pihaknya berharap, kerja sama yang baik dengan berbagai pihak khususnya PMI yang mempunyai kader hingga tingkat desa, dapat memepercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Banjarnegara.

“Dengan bergerak bersama, diharapkan Covid-19 segera musnah dan masyarakat dapat beraktivitas normal seperti sedia kala,”ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr.Amalia Desiana mengapresiasi kinerja Tim Sibat Lawen dan berharap sumbangsih karya, usaha dan dedikasi untuk kemanusiaan tidak pernah luntur dengan koordinasi yang matang dengan berbagai pihak.

”Apresiasi dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak khususnya kawan- kawan Sibat Lawen yang selalu berjibaku tak kenal lelah dalam membantu pemerintah untuk melayani masyarakat. Semoga menjadikan ladang amal ibadah yang tak ternilai,” ucapnya.

Optimalisasi peran Tim Sibat diharapkan, dapat masuk ke berbagai lini dan segmentasi, tentunya dengan koordinasi dan arahan dari Pemdes sebagai bentuk derap langkah terpadu, terlebih saat ini memasuki musim hujan, dimana langkah kesiapsiagaan serta kecepatan respon darurat sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini