Tim Gabungan bersama TNI sedang bersih- bersih di lokasi longsor.(FOTO:TM/H-03)

BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)– Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyumas dan sekitarnya, untuk beberapa hari terakhir, menyebabkan tebing setinggi 15 meter di Desa Singasari Rt 03/ Rw.09 Kecamatan Karanglewas, longsor, Minggu(31/10/2021).

Meski tidak sampai memakan korban jiwa, akibat peristiwa ini dapur rumah milik Romli(47) dan Kartini(58) keduanya warga Desa Singasari Rt 03/Rw 09 Kecamatan Karanglewas rusak tertimpa reruntuhan longsoran tebing tersebut.

Menurut saksi Muslichin(55), hujan deras terjadi pada Minggu sekitar pukul 17.00 disertai angin kencang. Sebelum tebing itu longsor, muncul suara gemuruh bersamaan dengan turunya hujan deras.

“Saat itu juga tebing longsor menimpa dapur rumah milik Romli dan kandang marmut milik Kartini,”Kata Muslichin.

Tak lama kemudian, kata Muslichin, Tim Reaksi Cepat(TRC) Rapi lokal 08 Cilongok beserta Rapi Kedung Sumbar, Banser, Tim FORTASI yang terdiri dari Serayu Rescue, MDMC, MTA, Banser, Kokam, Gerpik, Asar humanity, Bale Bhakti Bawono, relawan khusus ODGJ Bms , 99 Production Banteng mas didukung pula oleh BHV, Celengs, perangkat desa dan warga langsung mengamankan lokasi dengan melakukan bersih- bersih.

“Bersih- bersih dilakukan hingga malam hari bahkan dilanjutkan pada Senin tanggal 01 November 2021 bersama TNI,”ujar Muslichin.

Ketua lokal 08 Cilongok Eko Supriyanto, mengatakan,TRC Rapi lokal 08 Cilongok mengatakan, memasuki musim penghujan pihaknya sudah siaga dan siap membantu masyarakat yang terkena musibah bencana. Bahwa Rapi lokal 08 Cilongok telah ikut bergabung dengan Fortasi yang selama ini selalu aktif dalam kegiatan kemanusiaan.

Sementara, pembina Fortasi Eddy Wahono, mengatakan, memasuki musim penghujan, relawan sangat diharapkan untuk selalu siaga mengingat Kabupaten Banyumas rentan terjadi banjir dan tanah longsor.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini