BANYUMAS(TERASMEDIA.ID) -Pramuka Kwartir Cabang Banyumas mengirimkan 13 orang relawan pramuka peduli dalam upaya tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa atimur, Rabu(08/12/2021).

Pemberangkatan Relawan Pramuka Peduli dilepas langsung oleh Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono.

Dalam sambutannya, Achmad Supartono berpesan agar mengikuti arahan dari Posko Penanganan Bencana Kabupaten Lumajang, dan agar berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait.

Sudah menjadi panggilan Pramuka Peduli untuk senantiasa siap sedia membantu masyarakat yang kurang beruntung akibat bencana atau musibah.

“Jangan sampai ada keraguan ketika bertugas, jaga nama baik pramuka dan Kabupaten Banyumas,”kata Achmad Supartono.

Sekretaris Bidang Abdimad, Ady Candra mengatakan bahwa, selain mengirimkan relawan, Kwarcab Banyumas juga mengirimkan bantuan uang tunai tahap pertama sebesar Rp 8 juta yang bersumber dari bumbung kemanusiaan, Dinas Pekerjaan Umum Kab. Banyumas dan donatur pribadi.

Selain itu juga membawa beras, mie instan, pakaian dalam wanita, pembalut wanita, perlengkapan nandi, pakaian bayi, sarung, mukena dan sajadah yang bersumber dari Lelang Brownies Shodaqoh (LBS), Komunitas Sedulur Selawase, SMP Negeri 1 Wangon, Kwaran Gumelar, dan pengurus/andalan Kwarcab Banyumas.

Pada tahap berikutnya, akan di usahakan uang tunai melalui jegiatan Bumbung Kemanusiaan dengan sasaran masyarakat dan pembina gugus depan untuk mendukung program pemulihan setelah masa tanggap darurat dinyatakan dicabut oleh Bupati.

Tim Pamuka Peduli akan membagi tugas sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki yaitu pada Tim Evakuasi dan Tim Dapur Umum.

” APD untuk Tim Evakuasi juga sudah disiapkan sejak dari keberangkatan termasuk tiga armada untuk pendukung operasional yaitu 1 mobil ambulance, 1 mobil pickup dan 1 mobil minibus. Dan kita akan bertugas sampai dengan hari Minggu, 12 Desember 2021,” kata Ady Candra.

Sesangkan untuk operasional tim selama bertugas difasilitasi oleh Kwarcab Banyumas.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini