BANYUMAS (TERASMEDIA.ID) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyumas dan sekitarnya beberapa pekan terakhir, menyebabkan sejumlah titik longsor di Desa Melung, dan Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang.

Dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Tagana Desa Gandatapa bersama dengan perangkat desa setempat, tercatat ada empat titik longsor yaitu, tebing menimpa sebagian rumah milik Saridin(46) warga RT 03/ RW 04 dengan panjang lima meter dan tinggi tebing tujuh meter.

Tebing sebelah rumah Warki(48) warga RT 05/ RW 03 menimpa bagian samping rumah mengakibatkan pagar jebol dan material masuk ke dalam rumah.

Pondasi tepi jalan menutup sebagian akses jalan masuk lingkungan RT 05/ RW 03.

Dan tebing sebelah rumah Rahmat(50) warga RT 01/ RW 03 menimpa warung sehingga pagar belakang rusak.

Koordinator Tagana Banyumas Ady Candra, mengatakan, Kamis 02 Desember 2021 Tim Tagana Banyumas bersama dengan BPBD, Koramil Sumbang, Polsek Sumbang, Pemerintah Kecamatan Sumbang, Perangkat Desa Gandatapa, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Serayu Rescue Unit Sumbang, MDMC, SERI, LINMAS Inti Banyumas dan warga sekitar akan melakukan penanganan lanjutan khususnya di Rumah Solihun.

“Tebing yang mengalami longsor diperkuat dengan sak yang berisi tanah dan trucuk bambu, agar jika hujan, maka tebing tidak mudah longsor,” kata Ady Candra.

Ady Candra mengaku, untuk penanganan lokasi di sejumlah titik lain dilakukan bersama dengan warga sekitar.(H-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini