BLORA(TERASMEDIA.ID)– DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Blora, bekerjasama dengan Pemkab Blora dan Pemerintah Desa menggelar pelatihan pemanfaatan limbah industri yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bagi pemberdayaan masyarakat selama dua hari ( 20 – 22 Mei 2022), di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (30/05/2022).

Bupati Blora, Arief Rohman yang membuku acara pelatihan ini, mengatakan, upaya pemanfaatan limbah industri di Blora yang sedang dirintis oleh DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Blora, diharapkan bisa mengentaskan pengangguran dan menghasilkan pendapatan bagi warga.

Menurut Bupati apa yang diprakarsai BMWI Blora merupakan langkah inovatif bagi masyarakat luas.

“Beberapa waktu lalu, teman teman DPC ini cerita ke saya dan saat di klaten dengan beberapa OPD melihat secara langsung home industri, yang mana sangat bagus dan mengentaskan pengangguran. Dan ini secara ekonomi bisa menghasilkan pendapatan,”papar Bupati Blora, Arief Rohman.

Bupati mengaku, jika dilakukan pelatihan di Blora dengan pemanfaatan limbah yang dilakukan oleh para pemuda, ini tentu akan sangat bermanfaat.

“Saya berharap nantinya akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, kami juga tunggu setelah pelatihan nanti bisa dipraktekan dan terlihat hasilnya.”ujar Bupati Bloara Arif Rohman.

Arif Rohman meminta, nantinya dari dinas terkait bisa mendampingi dalam pelatihan, mengingat potensi UKM di Blora bagus untuk dikembangkan, termasuk inovasi terkait limbah yang juga berpotensi.

Kalau produk sudah ada, lanjut bupati, nanti dinas bisa ikut membantu pemasaran dan sebagainya. Kalau perlu nanti dibuatkan ruang bagaimana produknya bisa disebarluaskan dan bermanfaat.

Ketua Apdesi, Agung Heri Susanto berharap harap, pasca pelatihan ini, nantinya ada evaluasi untuk mengetahui sejauh mana hasil yang dilakukan pelatihan ini.

Agung meminta, para peserta untuk menunjukan hasil karya nyatanya, sehingga semua pelatihan yang dilakukan kedepan bisa bermanfaat dalam kemajuan kegiatan di desa dan mampu memberikan sumbangsih untuk Blora.

Ketua DPC BMWI Blora, Roy Kurniadi menjelaskan, pelatihan pemanfaatan limbah industri di Blora diikuti oleh sekitar 100 peserta yang berasal dari desa.(MGN-11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini