Seorang peserta sedang membawa burung Macawnya ke atas panggung.(FOTO:TM/Likwi)

KENDAL(TERASMEDIA.ID)– Sekitar 200 peserta dari berbagai kota/ kabupaten di Indonesia, mengikuti lomba “Burung Macaw Bupati Cup 2022”, di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu(18/06/2022).

Lomba “Burung Macaw” yang baru kali pertama digelar di Kabupaten ini, dibagi dua kategori, yakni kategori Flock dan kategori Solo.

“Kategori Solo, yakni satu owner/satu burung atau patner. Sedangkan kategori Flock, yakni satu owner dua burung atau patner,”kata Ketua Panitia Penyelenggara Bupati Cup 2022, Wisanggeni Damar Panuluh.

Menurut Wisanggeni Damar Panuluh, peserta yang mengikuti lomba Burung Macaw Bupati Cup 2022 ini, sekitar 200 peserta dari sejumlah kota/ kabupaten yang ada di Indonesia.
Penilaian lomba ini, yang terbang dengan durasi paling lama dan landingnya tepat di tangan, itulah yang menjadi juara.

“Setiap ada event, tidak jarang terjadi burung yang hilang. Sedangkan harga burung Macaw yang paling murah berkisar Rp 50/ Rp 60 juta,”ujar Wisanggeni.

Untuk pendaftaran lomba ini sendiri, kategori Flock seharga Rp 700 ribu, sedangkan kategori Solo, seharga Rp 500 ribu.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, digelarnya Lomba Burung Macaw Bupati Cup 2022 ini, tak lain untuk menjadikan ajang silaturahmi bagi pecinta Burung Macaw yang ada di seluruh Indonesia, mempromosikan Kabupaten Kendal ke dunia luar dan untuk melawan stunting.

“Masih banyak yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal. Banyak orang bertanya, dimana lokasinya, oh ternyata dekat dengan Semarang, oh ternyata ada lautnya, ternyata ada kulinernya, pariwisatanya dan lain- lain,”papar Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Menurut Bupati Kendal, lomba Burung Macaw ini, adalah event berskala nasional dan komunitas pecinta Burung Macaw juga cukup banyak.

Bupati berharap, dengan semua peserta dari sejumlah daerah hadir di Kendal, Kabupaten Kendal bisa lebih dikenal banyak orang terutama dari luar kota/ Kabupaten Kendal.

“Ini lomba Burung Macaw baru pertama kali dilakukan di Kendal. Mereka panitia memang terus berkeliling ke seluruh Indonesia. Harapannya, dengan adanya kegiatan seperti ini, nanti para pelaku UMKM juga akan kami libatkan,”papar Bupati Kendal Dico M Ganinduto. (Likwi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini