BANYUMAS(TERASMEDIA.ID)-Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir memberikan apresiasi tertinggi kepada Peneliti Dunia dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas Jawa Tengah, Dosen Fakultas Farmasi pencipta BioColoMelt-Dx Alat Diagnostik Molekuler Deteksi Kanker Usus Besar, apt Susanti MPhil PhD.

“Kami PP Muhammadiyah mengapresiasi tertinggi atas riset dan capaian prestasi akademik. Kegiatan bu Susanti sebagai Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang telah masuk ke level nasional dan internasional,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir di Kantor Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (26/07/2022).

Bahkan dalam rangka milad Muhammadiyah tahun ini, lanjut Prof Haedar, PP Muhammadiyah secara resmi memberikan penghargaan kepada apt Susanti MPhil PhD. Selain penghargaan, Prof Haedar juga mengajak kepada warga persyarikatan dan bangsa Indonesia untuk menghargai ilmuan, periset dengan segala karyanya. Karena Indonesia dan Muhammadiyah itu memerlukan karya keilmuan yang unggul.

“Orang berilmu itu harus dihargai. Islam bahkan menempatkan orang berilmu itu tinggi. Iman tanpa ilmu tidak akan mencapai derajat yang tinggi,” ujarnya.

Prof Haedar juga mengajak kepada UMP yang selama ini sudah konsen dan memfasilitasi para ilmuan Indoensia yang ada di Muhammadiyah. Para Ilmuan yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) bisa terus mengembangkan diri bahkan mengajak kepada majelis dikti agar peran untuk mendorong para ilmuan terus dipublikasikan.

“Mudah-mudahan ini akan berkelanjutan lagi. UMP yang saya nilai sudah sangat progresif, terus mengembangkan berbagai kegiatan akademiknya, usaha-usahanya bahkan perannya dalam kehidupan masyarakat khususnya di Jawa Tengah untuk Indonesia,” ucapnya.

Dosen Fakultas Farmasi UMP, apt Susanti MPhil PhD, mengatakan, pihaknya berhasil menciptakan BioColoMelt-Dx Alat Diagnostik Molekuler Deteksi Kanker Usus Besar telah diluncurkan oleh Mentri Kesehatan RI.

“Produk tersebut merupakan wujud kolaborasi nasional dan internasional yang secara bahu membahu diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap ketahanan produk kesehatan Indonesia,” kata apt Susanti MPhil PhD.

Sementara itu, Rektor UMP Dr Jebul Suroso menyambut baik dan memberikan apresiasi tertinggi kepada apt Susanti MPhil PhD yang telah menciptakan alat BioColoMelt-Dx Alat Diagnostik Molekuler Deteksi Kanker Usus Besar.

“Sebagai keluarga besar UMP tentu kita sangat bangga, yang itu kontribusinya sangat besar untuk kemanusiaan. Bahkan saya pikir bukan hanya di UMP dan di Indonesia saja, melainkan dunia,” jelasnya.

Pemberian apresiasi ini, dihadiri langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah Prof Haedar, Sekertaris PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto, Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad MSc PhD, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMP Prof. Dr. Chairil Anwar, dan Rektor UMP Dr Jebul Suroso. (BR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini